Sesak nafas, batuk berdahak tanpa demam, apakah corona?

AM Info Penanya: AM, Wanita, 16 Tahun
Halo dok saya mau bertanya..dok saya merasakan sesak nafas,batuk berdahak tetapi tidak ada rasa demam dan saya merasakan sesak nafas sudah sekitar 3 hari apakah itu tanda tanda corona dok? Dan jika bukan bagaimana cara meredakan sesak nafasnya terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AM.

Sesak napas merupakan keadaan saat tubuh kekurangan suplai udara yang berisi oksigen di paru-paru sehingga memberikan sensasi yang tidak nyaman. Sesak napas dapat terjadi karena berbagai faktor penyebab yang umumnya bersumber dari organ yang ebrperan penting dalam peredaran darah kaya akan oksigen ke seluruh tubuh, yaitu paru-paru dan jantung. Namun, terdapat pula beberapa faktor lainnya yang dapat menimbulkan sensasi rasa sesak seperti gangguan saluran napas atas, gangguan pencernaan dan gangguan sirkulasi darah.

Terkait dengan keluhan yang Anda, sesak napas yang dialami mungkin berhungan dengan keluhan batuk berdahak Anda atau infeksi saluran pernapasan. 

Mengenai virus corona, beberapa gejalanya meliputi :

  • demam
  • gejala flu, batuk, sakit tenggorokan
  • sesak napas
  • mual, muntah
  • diare

Keluhan pada Anda yang tidak disertai demam masih tidak dapat dipastikan merupakan infeksi virus corona atau bukan, karena gejala yang muncul pada penderita corona sendiri dapat bervariasi pada setiap individu yang terinfeksi.

Untuk sementara Anda dapat menggunakan obat pereda batuk berdahak terlebih dahulu. Jika keluhan sesak napas membaik, Anda dapat melanjutkan terapi dirumah dan mengikuti anjuran karantina dan social distancing yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Namun, apabila keluhan sesak memburuk disertai adanya demam, dan gejala lainnya, segeralah memeriksakan diri Anda.

Berikut saya lampirkan artikel mengenai penanganan batuk berdahak yang dapat Anda lakukan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh A
21 Mar 2020, 08:01
perlu di rawat ke dokter dan melakukan rontgent. dikhawatirkan Bronchitis / asma.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
22 Mar 2020, 07:23
Terima kasih, A, memang betul untuk salah satu diagnosis banding dari sesak napas adalah bronchitis atau asma. Sesuai advice di atas, apabila ada keluhan lebih lanjut silakan diperiksakan ya, untuk mengetahui diagnosis pastinya. Terima kasih.
Dibalas oleh AO
31 Mar 2020, 21:49
Halo dokter, saya mengalami sesak nafas dan demam, kadang demamnya turun dan naik. Tenggorokan saya terasa panas. Apakah itu gejala Corona? Saya takut dan itu jadi beban pikiran saya. Saya tadi sudah berobat, dan sudah dikasi obat juga.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
01 Apr 2020, 08:45
Selamat pagi AO,
Pada corona tidak ada gejala yang spesifik. Pada corona gejalanya akan tumpang tindih dengan gejala-gejala penyakit yang lain. Saat ini yang dapat dilakukan hanya pencegahan dan berusaha menjaga daya tahan tubuh. Untuk gejala ringan harus karantina mandiri di dalam rumah, jangan pergi-pergi dan minum obat rumahan. Bila keluhan semakin berat, demam diatas 38C, sesak napas, maka telp 119 ext 9 untuk penanganan lebih lanjut.
Salam sehat,
dr. Vina
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perbedaan dbd dan corona yang tidak kentara bisa membuat kesalahan diagnosis

Perbedaan DBD dan Corona Tak Begitu Kentara, Bisa Bikin Salah Diagnosa

Perbedaan DBD dan corona memang sulit untuk dilihat, terutama jika gejala yang terjadi masih ringan. Perbedaan biasanya baru bisa benar-benar terlihat apabila tes laboratorium sudah dilakukan untuk masing-masing penyakit.