Sesak napas, apakah itu infeksi corona?

RM Info Penanya: RM, Pria, 25 Tahun
Dokter saya kemarin demam, batuk, dan pilek. Sebelum saya memeriksan ke dokter demam saya sudah reda, dokter mendiagnosa saya radang tenggorokan. Sekarang saya masih batuk dan sesak nafas. Apakah itu corona?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, R.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Demam, batuk, dan pilek merupakan gejala infeksi dari sistem pernapasan. Infeksi tersebut bisa diakibatkan karena bakteri atau virus. Memang saat ini sedang mewabah penyakit COVID-19. COVID-19 merupakan suatu penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus corona. Gejalanya memang hampir sama dengan gejala flu atau radang tenggorokan pada umumnya, yaitu demam, batuk, pilek, dan radang tenggorokan. Hanya saja pada kasus COVID-19, gejala-gejala tersebut akan semakin memberat karena disetai dengan sesak napas. Jadi, berbeda dengan gejala flu biasa

Untuk memastikan apakah Anda terinfeksi virus corona atau tidak, saya sarankan Anda segera melakukan pemeriksaan kembali ke dokter spesialis paru di fasilitas kesehatan terdekat. Sehingga dapat dilakukan pemeriksaan tes darah, rontgen, dll. 

Sebagai langkah pencegahannya agar orang-orang di sekitar Anda tidak tertular sampai Anda dinyatakan negatif COVID-19, Anda bisa menggunakan masker penutup mulut dan hidung, mengisolasikan diri di rumah, makan makanan yang bergizi, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir.

Salam sehat, 

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bosan jenuh di tengah pandemi corona bisa diatasi dengan banyak cara, seperti berkaraoke di smartphone

7 Ide Aktivitas untuk Atasi Bosan dan Jenuh di Rumah karena Wabah Corona

Bosan jenuh wajar dirasakan karena berdiam diri di rumah. Namun, bukan berarti Anda tak bisa happy selama social distancing. Ada beberapa tips mengatasi rasa bosan dan jenuh di tengah wabah corona.