sesak nafas dan flu, apakah gejala corona?

NA Info Penanya: NA
malam dok, saya mau tanya, jd sy sedang sakit flu tapi saya khawatir jika ini bukan flu biasa melainkan corona saya demam tp tidak disertai batuk dan sakit tenggorokan tetapi saya sedikit sesak nafas dan hidung tersumbat apakah ini corona dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NA,

Gejala sesak, batuk dan pilek, sakit tenggorokan adalah gejala gangguan pernapasan yang bisa terjadi karena beragam penyebab seperti infeksi saluran pernapasan akibat infeksi bakteri, infeksi virus, reaksi alergi dan lainnya.

Memang benar gejala infeksi corona virus atau infeksi COVID-19 adalah gejala gangguan pernapasan seperti yang dirasakan saat ini tetapi tidak selalu gejala tersebut disebabkan oleh infeksi korona. Perlu diperhatikan apakah ada riwayat perjalanan ke daerah terdampak corona ataupun ada kontak dengan infeksi tersebut, jika tidak ada maka gangguan kesehatan bisa disebabkan oleh penyebab lainnya.

Untuk mengatasinya dengan mengonsumsi obat flu bebas dengan kandungan paracetamol jika ada demam, perbanyak asupan cairan, jaga pola makan dan konsumsi makanan bernutrisi terutama lebih banyak sayur dan buah, rutin mencuci tangan sebelum dan setelah beraktivitas terutama sebelum dan setelah makan, menggunakan masker jika sedang batuk dan bersin, serta jaga etika batuk dan bersin terutama jika berada di tempat umum.

Upayakan juga lebih banyak istirahat dan tingkatkan daya tahan tubuh untuk bisa mengatasi gejala yang timbul. Bisa juga konsumsi beberapa bahan alami seperti madu, air lemon, air jahe untuk mengurangi gejala yang timbul.

Jika keluhan menetap lebih dari 3 hari, periksakan diri pada dokter agar diketahui penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat. Jika demam tinggi lebih dari 39 derajat, sesak napas memberat, sakit kepala hebat maka perlu segera periksakan diri ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat agar diberikan penanganan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh LL
20 Mar 2020, 01:26
hallo dok, Saya merasa sedikit kesulitan saat bernafas, apalagi kalau pakai masker, Sebelum saya mengalami nafas yang berat ini saya mengalami pilek ringan yang hanya 1 atau 2 hari saja, setelah itu saya juga ada pusing-pusing, masuk angin sampai sekarang. kalau boleh saya tau apa penyakit saya ini parah dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
20 Mar 2020, 10:05
Selamat siang, LL. Sulit bernapas, pilek, dan pusing bisa disebabkan beberapa hal ya, seperti influenza, infeksi virus, ataupun alergi. Keparahan penyakit tersebut tergantung penyebabnya ya. Periksakan diri Anda ke dokter spesialis paru, apabila keluhan memberat atau tidak hilang lebih dari tiga hari. Terima kasih.
Dibalas oleh NY
21 Mar 2020, 09:17
Dok,maaf saya ingin bertanya, ahkir" ini tenggorokan saya sakit seperti kepanasan, juga sedikit menganggu pernafasan , dan juga pilek. Ini berbahaya atau tidak, beredarnya berita virus ahkir" ini membuat saya waswas
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
22 Mar 2020, 07:27
NY, sakit tenggorokan dan sesak napas bisa merupakan gejala dari berbagai penyakit ya. Seperti ISPA, common cold, rhinitis, pneumonia, ataupun infeksi virus. Sebaiknya Anda melakukan isolasi mandiri 14 hari, dan jika timbul gejala langsung diperiksakan ke dokter ya.
Dibalas oleh AS
30 Mar 2020, 15:31
Hallo dok ...sya mau bertanya udh dua hari sesak disebelah kiri dan mulai idung tersumbat ...Terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
31 Mar 2020, 07:58
Selamat pagi AS,
Keluhan yang Anda rasakan bisa disebabkan oleh asam lambung yang naik ke tenggorokan (GERD), sinusitis, pneumonia, dll. Sementara hindari makanan pedas, dan banyak makan makanan berkuah hangat, banyak minum air putih. Namun bila sesak napas dirasakan berat hingga terengah-engah maka Anda harus melakukan pemeriksaan ke dokter terdekat,
Salam sehat,
dr. Vina
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat antivirus bisa digunakan untuk mengatasi flu

Mengobati Flu dengan Obat Antivirus, Benarkah Efektif?

Ada beberapa jenis obat antivirus yang dinilai efektif untuk mengobati flu, seperti zanamivir dan peramivir. Namun, obat ini tidak bisa digunakan secara bebas dan harus melalui resep dokter.