Sesak nafas, flu berkepanjangan apa corona?

ML Info Penanya: ML
Dok saya punya amandel sejak kecil dan sekarang umur saya 19 tahun makin kesini kok nafas saya makin berat dan sesak nafas, saya juga sering pilek yang hanya keluar air dan bersin'' yang berkepanjangan ,akhir akhir ini juga saya merasakan mual-mual tapi nafsu makan saya masih baik dok, apakah ada indikasi terkena virus Corona ? Mohon penjelasanya dok terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang ML,

Corona saat ini memang menimbulkan kepanikan dimana saja, karena proses penularannya yang cepat, mudah dan dampak berakhir dengan kematian.

Kepanikan ini tanpa disadari akan merangsang produksi asam lambung lebih banyak, sehingga bisa saja muncul keluhan mual, muntah, terutama bila pola makan tidak baik.

Untuk keluhan sering pilek dan bersin-bersin bisa disebabkan oleh :

  • Rhinitis alergi. Adanya alergen seperti debu, cuaca dingin, makanan bisa memicu reaksi alergi seperti bersin-bersin, batuk, pilek, dan sesak napas.
  • Asma.
  • Sinusitis. Akan muncul keluhan sering pusing terutama di daerah dahi, dan nyeri di kedua pipi, tergantung rongga sinus mana yang mengalami infeksi.

Sementara yang dapat Anda lakukan sebagai usaha mengurangi keluhan dan mencegah penularan virus corona adalah dengan cara :

  1. Usahakan makan secara teratur.
  2. Gunakan tissue atau tutup dengan lengan atas baju bagian dalam ketika sedang bersin atau batuk, jangan ditutup menggunakan telapak tangan langsung.
  3. Rajin cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.
  4. Perbanyak konsumsi sayur dan buah.
  5. Minum antacida bila terasa mual.
  6. Biasakan makan teratur porsi kecil namun sering.

Bila keluhan tidak membaik, ada demam tinggi dan sesak napas, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rapid test corona mendeteksi virus COVID-19 lewat antibodi

Ini Cara Kerja Alat Rapid Test Corona yang Deteksi COVID-19

Rapid test corona telah masuk ke Indonesia. Kehadiran alat tes massal cepat ini diharapkan bisa membantu menekan angka penyebaran virus corona di Indonesia.