11 Jun 2020, 21:55Psikologi

Bagaimana mengatasi sesak napas akibat cemas?

MS
Info Penanya: MS, Wanita, 18 Tahun
Permisi dok. Jadi gini, sejak bulan April, saya ada ketakutan terhadap sesuatu dan sampai cemas berhari-hari. Efeknya sampai saya sesak nafas. Memasuki bulan ramadhan, ketakutan saya berkurang. Namun akhir-akhir ini kecemasan saya muncul lagi, akibatnya saya sesak nafas, dada saya nyeri, dan asam lambung saya naik. Mohon solusinya dok supaya sesak dan nyeri dada saya berkurang, karena ini sangat mengganggu.
35344 Views
4 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Ester Agustina
(0)
Selamat siang, M.Terimakasih atas pertanyaan Anda. Sesak napas merupakan suatu kondisi dimana tubuh kekurang oksigen akibat gangguan pada pernapasan. Penyebab sesak napas yaitu gangguan pada organ jantung, gangguan paru-paru, maag atau GERD, gangguan psikis (stres, cemas berlebih), obesitas, dan kondisi medis yang lain. Terkait dengan gejala sesak napas yang Anda alami ini, sebenarnya penyebabnya adalah akibat dari gangguan cemas berlebih yang Anda rasakan.Gangguan cemas adalah salah satu penyakit kesehatan mental yang dimana penderita memiliki gejala seperti perasaan gelisah, susah fokus, mudah marah, susah tidur, dan jika dibiarkan terus menerus akan menimbulkan gejala fisik seperti nyeri dada, asam lambung yang meningkat, sesak napas, dll.Untuk itu, dalam mengatasi gejala yang Anda punya ini, harus diatasi terlebih dahulu gangguan cemas yang Anda derita. 

Cara mengatasi gangguan cemas

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gangguan cemas ini, yaitu:
  • Jangan menarik diri dari lingkungan Anda. Tetap menjalin hubungan baik dengan orang-orang sekitar Anda dan mencoba mengungkapkan apa yang Anda rasakan. 
  • Melakukan apa yang Anda sukai seperti jalan-jalan, menonton film, bernyanyi, bermain musik. 
  • Melakukan hal baru. 
  • Berjemur dibawah sinar matahari.
  • Melakukan olahraga secara rutin. 
  • Makan makanan yang sehat.
  • Tidur yang cukup.
  • Berpikir positif. 
Jika tips diatas sudah Anda lakukan dan tidak ada perubahan, maka saya sarankan Anda melakukan konsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis jiwa agar dapat diperiksa dan diberikan terapi yang tepat. Salam sehat,dr. Ester
penyakit kejiwaansesak napasgangguan kecemasan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil