Sesak nafas kalau duduk

SG Info Penanya: SG, Pria
Mf tanya dok kalau buat tidur sesak nafas kalau duduk knp ya??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SG,

Sesak napas yang timbul karena perubahan posisi tubuh bisa dipicu oleh beragam hal seperti misalnya adalah tekanan pada organ karena posisi tubuh, gangguan jantung, gangguan saluran pernapasan, penyakit asam lambung, adanya cairan di selaput paru ataupun kemungkinan lain. Untuk itu perlu diperhatikan gejala lain yang menyertai seperti misalnya adanya nyeri dada, batuk, suara napas yang berbunyi, pembengkakan di kaki, merasa mudah lelah jika beraktivitas, mual atau muntah, keringat dingin atau gejala lain yang timbul agar membantu dokter menentukan apa yang menjadi penyebabnya.

Jika keluhan masih sering timbul atau memberat, ada baiknya untuk memeriksakan diri pada dokter agar dokter melakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan tambahan seperti lab darah, rekam jantung, foto rontgen untuk memastikan penyebabnya dan memberikan penanganan sesuai kondisi Anda.

Upayakan tidak merebahkan diri atau tiduran beberapa saat sebelum makan, posisikan tubuh senyaman mungkin untuk mengurangi sesak, tidur menggunakan bantal jika timbul sesak saat posisi lebih rendah, jaga pola makan dan juga lakukan pemeriksaan secara berkala. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengendalikan emosi baik untuk kesehatan jantung agar terhindar dari penyakit aritmia dan gangguan lainnya

Cara Mengendalikan Emosi untuk Memelihara Kesehatan Jantung

Emosi dan amarah yang tidak terkontrol, dapat menyebabkan penyakit pada jantung, seperti penyakit aritmia. Aritmia adalah penyakit yang mengakibatkan detak jantung menjadi tidak normal tertutama saat memasuki usia lanjut.