Sesak nafas, gejala corona atau bukan?

F Info Penanya: F
Dok saya mau nanya.. Beberapa hari ini saya ngerasain sesak nafas,, untuk ambil nafas rasanya susah sekali gejala lainnya hidung tersumbat tpi tidak ada cairannya,seperti terhalang tpi ga tau apa,, saya ga flu atau ingusan hanya saja hidung seperti tersumbat,krna sesak nafas jadi sesekali batuk tpi tidak berdahak.. Kira" ini gejala dari covid/virus corona atau mmg ada penyakit lain?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, F.

Saat ini, WHO telah menetapkan COVID-19 sebagai pandemi. Disebabkan oleh Coronavirus jenis baru, penyakit ini sudah menyebar ke hampir seluruh negara dunia, termasuk Indonesia. Di Indonesia, per 7 Mei 2020, lebih dari sepuluh ribu orang yang menderita COVID-19.

Seseorang yang mengalami penyakit ini biasanya akan merasakan sesak napas, demam di atas 38 derajat celcius, dan batuk kering. Sebagian lain juga mengalami pilek, nyeri kepala, atau nyeri tenggorokan. Tetapi, gejala COVID-19 berbeda-beda pada tiap-tiap orang. Mereka yang memiliki kekebalan tubuh tinggi akan mengalami gejala ringan (bahkan tanpa gejala), sedangkan mereka yang memiliki kekebalan tubuh rendah atau penyakit bawaan bisa mengalami gejala berat.

Terkait kondisi Anda, sesak napas, hidung tersumbat, dan batuk kering memang bisa merupakan gejala COVID-19. Tetapi, hal tersebut juga bisa disebabkan oleh penyakit lain, misalnya influenza, kondisi alergi, atau rhinofaringitis. Oleh karena itu, Anda dapat melakukan karantina mandiri selama 14 hari, dan hubungi 119 ext 9 jika gejala memberat.

Selain itu, selalu konsumsi makanan bergizi, terutama yang mengandung vitamin C. Minum air putih yang cukup dan hindari minuman beralkohol. Rajinlah mencuci tangan terutama sebelum makan dan setelah menyentuh benda publik, serta gunakan masker kain jika bepergian.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Positif HIV rentan mengalami infeksi virus corona

Positif HIV Rentan Mengalami Infeksi Virus Corona, Benarkah?

Positif HIV rentan mengalami infeksi virus corona mungkin terjadi apabila penderita HIV tersebut memiliki masalah saluran pernapasan, penyakit kronis, atau usia lanjut.