sesak nafas disertai rasa tidak enak, berat badan turun dan kepala pusing

MV Info Penanya: MV, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya mau nanya. Bbrapa bulan terakhir ini saya sering sesak napas, dada terasa sakit, tdak batuk tp berasa kyak ada lendir di tenggorokan yg buat gak nyaman, dan gak enakan di bagian leher, BB sya pun turun bgt, kepala sering sakit dan sering pusing juga, apakah berbahaya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam M

Kondisi sesak nafas dapat disebabkan oleh masalah paru dan jantung. Jika sesak nafas disebabkan paru, kondisi ini paling sering terjadi akibat reaksi asma, infeksi paru pneumonia, tuberkulosis paru dan kanker paru. 

Jika anda tidak memiliki riwayat asma, namun memiliki sesak nafas disertai dengan penurunan berat badan, rasa tidak nyaman pada leher dan kepala pusing sebaiknya anda memeriksakan diri pada dokter Paru karena ditakutkan ada masalah infeksi tuberkulosis paru atau masalah lainnya. Keluhan lain yang perlu diwaspadai adalah adanya batuk darah, keringat malam, demam sumer sumer disertai penurunan BB.

Kondisi lain yang mencetuskan sesak nafas adalah gagal jantung. Biasanya sesak disertai nyeri dada, cepat lelah, tidak bisa tidur terlentang dan kaki bengkak. 

Sebaiknya anda berkonsultasi dahulu dengan dokter umum apakah perlu di rujuk ke dokter spesialis paru atau jantung untuk masalah sesak nafas anda.

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pekerja konstruksi harus lebih berhati-hati, karena rentan mengalami penyakit paru-paru

10 Pekerjaan Berisiko untuk Penyakit Paru paru

Paru-paru merupakan organ yang bekerja tanpa henti dan tidak jarang orang yang paru-parunya terserang penyakit. Ternyata, beberapa jenis pekerjaan dapat memicu penyakit paru-paru seperti bartender, tenaga kesehata hingga pekerja tambang batu bara.