Saya sesak nafas dan radang amandel, apakah corona?

RN Info Penanya: RN, Wanita
Halo dok, saya nana usia 21 tahun. saya mengalami sesak nafas dan sakit tenggorokan seperti radang amandel. Saya takut kalau ini gejala corona. Tp saya tdk batuk tidak flu suhu tubuh saya juga normal 36. Saya menderita apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RN,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Sesak napas merupakan kondisi ketika Anda kesulitan dalam bernapas atau tidak cukup mendapat asupan udara. Penyebab sesak napas banyak penyebabnya seperti pilek, asma, alergi, sinusitis, radang tenggorokan, pneumonia, dll.

Radang tenggorokan mupakan rasa nyeri, peradangan atau kering pada tenggorokan yang dapat terjadi karena infeksi virus atau bakteri. Radang pada tenggorokan bisa menjadi salah satu gejala dari penyakit ini :

  • Tonsilitis (peradangan pada amandel atau tonsil)
  • Faringitis (peradangan pada saluran yang menghubungkan hidung atau mulut dengan kerongkongan (esofagus) atau saluran tempat pita suara (laring))
  • Laringitis (peradangan pada laring)

Mengenai Covid-19 gejala umumnya meliputi demam, gejala flu, batuk, sakit tenggorokan dan sesak napas. Berdasarkan keluhan yang Anda alami kemungkinan belum bisa dipastikan mengarah ke Covid-19.

Namun Anda tetap harus waspada dengan tetap mengisolasi diri dirumah selama 14 hari, jangan keluar rumah jika tidak terpaksa, dan jika memang diharuskan keluar rumah sebaiknya menggunakan masker jika di keramaian, tetap menjaga jarak dengan orang lain, selalu menjaga kebersihan dengan rutin mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer.

Apabila Anda mencurigai diri Anda terkena Covid-19 Anda bisa menghubungi 119 ext 9. Nantinya, akan dicari tahu gejala Anda via telepon, kemudian menentukan apakah Anda termasuk ODP, PDP, suspect atau tidak terkait sama sekali.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh RN
29 Mar 2020, 14:27
Amandel saya membengkak dok, kalau untuk bernafas biasa dada saya tdk terasa sakit, tapi kalau untuk menarik nafas panjang dada saya terasa sesak dan harus membuka mulut jika ingin menarik nafas panjang. Lalu bagaiamana dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
30 Mar 2020, 07:24
Hal ini bisa disebabkan karena amandelnya sudah menutup jalan napas ya RN. Sebaiknya hindari dulu makanan yang memicu radang semakin parah, seperti pedas dan yang digoreng. Minum banyak air putih juga membantu.
Apabila kondisi tidak membaik bahkan sampai sesak berat saat bernapas biasa, segera diperiksakan ke dokter spesialis THT ya. Terima kasih.
Dibalas oleh UI
01 Apr 2020, 06:26
Maaf dok .. suami saya terkena radang tenggorokan setelah 2x periksa ke rumah sakit yang berbeda .. dan rumah sakit pertama suamiku cuma di kasih obat lambung dan katanya gapapa besok juga sembuh . Sementara rumah sakit yang ke 2 bilang suamiku radang tenggorokan dok . Gejala suamiku sesak nafas dan batuk kering saja dok . Tapi setelah obat habis dan hampir 1 minggu lebih masih sesak dok . Lalu bagaimana ya dok ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
01 Apr 2020, 08:31
Selamat pagi UI,
Keluhan sesak napas dan tenggorokan yang sakit selain infeksi paru-paru juga bisa disebabkan oleh GERD (asam lambung yg naik ke tenggorokan). Sementara makan dengan porsi kecil tapi sering, minum obat lambung, hindari makanan yang pedas, asam, kopi, soda, dan jangan stres. Bila keluhan menetap maka ada baiknya foto rontgen dada.
Salam sehat,
dr. Vina
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab radang tenggorokan bisa berasal dari banyak hal, namun tidak semuanya memerlukan antibiotik radang tenggorokan.

Tidak Hanya Antibiotik, Kenali Jenis Pengobatan Radang Tenggorokan Lainnya!

Radang tenggorokan mengakibatkan penderita sulit menelan, bahkan hingga demam dan rasa tidak nyaman di sekitar tenggorokan. Penyebab radang tenggorokan bisa berasal dari banyak hal, namun tidak semuanya memerlukan antibiotik radang tenggorokan.