08 Oct 2021, 03:38Pernapasan

Sesak nafas dan muntah apakah karena berhenti merokok?

BS
Info Penanya: BS0
Mohon maaf izin bertanya dok Ini dialami oleh ayah saya sekitar 1 bulan lebih setelah beliau memutuskan berhenti merokok, sebelumnya beliau perokok berat, dan bulan agustus kemarin beliau memutuskan berhenti morokok 100%. Jadi setiap dini hari (01.00-05.00) beliau selalu merasakan susah nafas, sesak, dan muntah muntah. Kemudian saat siang harinya ketika untuk aktifitas berat seringkali dadanya tiba-tiba sesak untuk bernafas. Minta saran dan arahannya dok ? terimakasih
105 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo B,Berhenti merokok memang sulit untuk dilakukan apalagi jika dilakukan secara mendadak. Adanya timbul rasa sesak di dada dan muntah dapat disebabkan oleh beberapa penyebab yang bisa berhubungan dengan berhenti merokok, maupun merupakan kondisi yang sebenarnya terjadi karena riwayat merokok.

Penyebab sesak napas dan muntah

GERD atau peningkatan asam lambung yang naik ke tenggorokan memiliki gejala yang sama dengan keluhan Anda yaitu terasa sesak, berat saat menarik napas, panas di dada atau tenggorokan, dan ada keluhan mual muntah. Disisi lain sesak juga dapat terjadi karena penyakit PPOK akibat riwayat merokok sehingga saluran napas menjadi banyak berlendir dan dapat timbul rasa mual muntah sebagai refleks tubuh mengeluarkan lendir.Penyakit lain yang mungkin menyebabkan sesak panas adalah pneumonia, jika keluhan sesak disebabkan peningkatan asam lambung Anda dapat mengkonsumsi obat antasida 3x sehari sebelum makan, namun jika tidak membaik dalam 3hari sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter paru untuk pemeriksaan lebih lanjut seperti foto rontgen dada.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
gerdsesak napasppok
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil