Tenggorokan tidak nyaman, hidung tersumbat, apakah gejala corona?

A Info Penanya: A, Wanita, 17 Tahun
Halo dok saya mau nanya tenggorokan saya terasa tidak nyaman dan hidung tersumbat sehingga nafas saya agak berat,, itu termasuk gejala korona atau bukan ya dok? Tapi sebelumnya saya tidak pernah berpergianMakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A.

Virus corona adalah virus yang menginfeksi saluran pernapasan dan menimbulkan gejala-gejala pernapasan, seperti sesak napas, batuk kering, pilek, dan disertai dengan demam. Nama penyakit yang disebabkan karena virus corona adalah COVID-19 (Corona Virus Disease 2019).

Walaupun Anda tidak pernah bepergian, namun Anda juga bisa menderita COVID-19 apabila melakukan kontak kepada penderita. Misalnya, menghirup percikan dahak atau bersin penderita, atau menyentuh barang-barang publik yang telah terpercik cairan tubuh penderita.

Namun, gejala yang Anda alami, selain disebabkan oleh COVID-19, bisa juga disebabkan oleh penyakit lain seperti:

Apabila Anda mencurigai diri Anda terkena COVID-19, sebaiknya Anda menelepon rumah sakit rujukan di Indonesia yang menangani COVID-19 sesuai daerah Anda. Nantinya, rumah sakit akan mencari tahu gejala Anda via telepon, kemudian menentukan apakah Anda termasuk ODP, PDP, suspect, atau tidak terkait sama sekali. Rumah sakit kemudian akan menginstruksikan apa yang harus Anda lakukan selanjutnya. 

Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dan menjaga kebersihan tubuh. Selain itu, mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, olahraga teratur, dan tidur yang cukup juga penting untuk menjaga kekebalan tubuh di saat sekarang.

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ, semoga apa yang disampaikan bermanfaat.

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh JP
04 Apr 2020, 18:40
Selamat mlm dok, ingin bertanya, saya beberapa hari ini seperti sesak nafas dan jika bernafas terasa sakit pada bagian hulu hati, tenggorokan sakit, hidung tersumbat, demam biasa terjadi pada sore hari..banyak sekret,Sakit kepala, apakah termasuk tanda dan gejala covid 19 dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
05 Apr 2020, 08:01
Selamat pagi JP,

Jika nyeri ulu hati seringnya karena maag atau asam lambung, jadi bisa konsumsi obat maag seperti antasida sebelum makan ya. Jika tidak ada demam, sesak, batuk atau riwayat kontak ke daerah yang terdampak covid atau kontak dengan orang yang baru pulang dari daerah terdampak? JIka tidak bisa tidak mengarah ke covid 19 ya.
Tapi tetap waspada dan rajin cuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,
dr. Adhi P.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala polip hidung yang paling umum adalah hidung sering mampet, seperti sedang flu

Mengenal Gejala Polip Hidung, Salah Satu Penyebab Sinusitis

Polip hidung adalah benjolan yang tidak bersifat kanker. Namun Anda wajib mengenali gejala polip hidung dan pencegahannya agar tidak mengakibatkan infeksi sinus atau sinusitis.