22 Oct 2020, 04:38Pernapasan

Sesak nafas dan dada terasa sakit selepas merokok apa sebabnya?

AP
Info Penanya: AP0
Pagi dok nama saya Apri usia 17, kenapa ya dok slepas merokok sulit bernapas dan kadang² sesak Napas trus Dada saya juga agak sakit pas saya ambil napas, saya sering olahragah lari sprint, setelah saya berhenti lari Dada saya terasa sakit Dan sesak nafas Waktu saya ambil nafas besar, apakah itu sangat berpengaruh. Saya tunggu dok jawabanya, trimakasih
413 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang AP,Merokok adalah kebiasaan yang seharusnya dihindari, karena tidak ada sedikitpun manfaatnya namun sangat banyak kerugian yang ditimbulkannya. Dan dampak negatifnya bisa dirasakan langsung atau setelah beberapa tahun kemudian.

Salah satu dampak merokok yang sering adalah:

  • Sesak napas. Hal ini bisa terjadi bila Anda sudah merokok dalam waktu lama dan jumlah batang rokok yang Anda habiskan dalam sehari sangat banyak. Sesak ini terjadi akibat adanya penyakit PPOK.
  • Sumbatan pembuluh darah jantung. Adanya kebiasaan merokok akan menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku. Hal ini akan diperparah bila Anda memiliki tekanan darah tinggi, kencing manis, obesitas, atau kadar kolesterol yang tinggi. Adanya pembuluh darah jantung yang kaku dan banyak plaknya akan menyebabkan pembuluh darah menjadi sempit dan muncul keluhan sesak napas bila dipakai untuk aktivitas yang berat misal olahraga. Hal ini terjadi akibat suplai oksigen tidak tercukupi sehingga akan timbul nyeri dada dan sesak napas.
Bila Anda sudah mengalami keluhan sesak napas dan nyeri dada berulang kali, maka sebaiknya hentikan kebiasaan merokok Anda dan lakukan rekam jantung dan foto rontgen dada di Rumah Sakit untuk memastikan ada tidaknya masalah pada jantung Anda.Salam sehat,dr. Vina
penyakit jantungsesak napaspenyakit paru obstruktif kronis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil