Apa penyebab keluhan-keluhan saya?

MS Info Penanya: MS, Pria, 15 Tahun
Dok, sudah 3 hari ini saya sesak nafas dada bagian kiri, terus seperti ada yang mengganjal dibagian tenggorokan, perut kembung, buang angin terus, hidung tersumbat sebelah kiri, cemas juga dok, kadang suhu tubuh panas dan dingin, terjadinya suka kapan aja, sebelumnya saya didiagnosis dokter itu menderita bronkitis, memang saya sebelumnya batuk keluar darah, sudah tes darah, semuanya normal, sudah rontgen dada dan hasil dari jantung saya bagus, tensi saya 120/70 terus kok dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, MS.

Setiap orang menginginkan tubuh yang sehat. Dengan kesehatan, seseorang bisa beraktivitas secara normal tanpa hambatan apapun. Sayangnya, di masa sekarang, banyak hal yang memicu untuk melakukan gaya hidup sehat. Belum lagi virus, bakteri, parasit, dan jamur yang ada dimana-mana. Semua itu bisa memicu terjadinya penyakit di tubuh seseorang.

Keluhan-keluhan yang Anda rasakan bisa disebabkan oleh satu atau lebih penyakit, berikut pembahasannya:

  • Batuk darah dan sesak napas, bisa disebabkan oleh tuberkulosis atau bronkiektasis
  • Hidung tersumbat bisa disebabkan oleh rhinitis alergi, rhinitis vasomotor, atau polip hidung
  • Tenggorokan mengganjal paling sering disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan akut
  • Kembung bisa disebabkan oleh mengonsumsi makanan bergas, produksi asam lambung yang meningkat, atau sindrom dispepsia
  • Panas dingin kemungkinan disebabkan oleh reaksi tubuh dari salah satu penyakit yang Anda alami
  • Rasa cemas kemungkinan ditimbulkan oleh keluhan yang Anda alami, namun Anda tidak tahu penyebabnya

Seluruh kondisi yang Anda alami bisa saja disebabkan oleh gangguan pernapasan atau gangguan pencernaan. Oleh karena itu, sangat disarankan agar Anda berobat ke dokter untuk melakukan pemeriksaan. Dokter akan menanyakan riwayat penyakit Anda, kemudian melakukan pemeriksaan fisik. Jika diperlukan, dokter mungkin akan meminta Anda untuk melakukan pemeriksaan laboratorium seperti darah lengkap, atau pemeriksaaan radiologi.

Jangan lupa untuk selalu melakukan pola hidup sehat, yaitu mengonsumsi makanan yang bergizi, minum air putih yang cukup, tidak begadang, rutin berolahraga, dan menghindari faktor-faktor yang mencetuskan stres.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Konsumsi gula per hari yang berlebihan bisa jadi penyebab utama sejumlah penyakit

Berapa Sendok Gula yang Boleh Dikonsumsi Setiap Hari? Ini Jawabannya

Meski tampak menyehatkan, konsumsi gula per hari dari makanan dan minuman sehari-hari tetap perlu dibatasi. Jika tidak, maka dapat menyebabkan Anda rentan mengalami berbagai gangguan kesehatan seperti obesitas dan diabetes. Mengetahui kandungan gula pada tiap makanan dan minuman adalah perlu. Lantas, berapa jumlah konsumsi gula per hari yang dianjurkan?