18 Sep 2020, 11:50Pernapasan

Sesak napas pada anak, apa kemungkinan penyebabnya?

IW
Info Penanya: IW, Wanita, 1 Tahun
Dok..anak saya perempuan usia 7 thn, kemaren lusa anak saya panas badannya kmdn panasnya turun.. keesokkan harinya waktu dia bermain tiba-tiba mengalami sesak nafas dan hampir ga isa nafas..katanya berat sekali untuk bernafas kemudian kami ke IGD terdekat tetapi jawaban dokter jaga tidak memuaskan,ada yg bilang asam lambung,asma..setelah dinebul dan disuntik anak saya mulai agak sedikit normal walopun untuk menarik nafas masih agak sdikit berat..apakah anak saya terkena asma?
1472 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, LTerima kasih atas pertanyaan AndaSesak napas adalah kondisi dimana merasakan kesulitan dan atau tidak nyaman saat bernapas. Selain pada usia dewasa, sesak napas juga bisa terjadi pada anak-anak. Sesak napas bisa terjadi karena adanya penyakit pada saluran pernapasan, ataupun karena kondisi medis yang lainnya.

Beberapa kemungkinan penyebab sesak napas pada anak adalah:

  • Asma, kondisi ditandai dengan napas berbunyi 'ngik-ngik' atau kerap disebut dengan istilah mengi, dan terjadi setelah anak beraktifitas berat atau pada malam hari (cuaca / udara dingin)
  • Alergi
  • Infeksi virus pada saluran pernapasan, misal pada virus influenza
  • Infeksi bakteri pada saluran pernapasan
Terkait dengan pertanyaan Anda, salah satu penyebab napas terasa tidak nyaman memang bisa karena adanya masalah pada pencernaan seperti pada peningkatan asam lambung. Untuk dapat memastikan apakah sesak yang dialami anak Anda ini karena kondisi yang sudah disebutkan di atas ataukah karena kondisi medis yang lainnya, perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter spesialis anak terdekat. Selain dilakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik, dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang bilamana diperlukan.

Pertolongan pertama pada anak dengan sesak napas adalah:

  • Longgarkan pakaian Anak
  • Pastikan sirkulasi udara sekitar baik
  • Letakkan humidifier di dekat anak, terlebih bila hidung tersumbat
  • Posisikan anak dalam posisi yang nyaman
  • Pastikan anak tidak dehidrasi
Jika sudah diberikan beberapa pertolongan pertama namun tetap sesak, atau jika muncul mengi / nyeri dada, maka segeralah ke IGD terdekat.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
penyakit anakasmainfeksi saluran pernapasansesak napaspneumonia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil