Apa beda gejala virus COVID dengan asma?

D Info Penanya: D
selamat pagi dok, saya mau nanya. saya 2 hari ini sesak nafas terus batuk kalau malam malam hidung saya suka tersumbat sebelah tapi tidak demam, saya juga punya riwayat asma. apakah ini gejala corona? ataukah penyakit asma kambuh?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore DW,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

COVID dan Asma merupakan kedua penyakit yang menyerang paru-paru. Keduanya sama-sama mempunyai gejala sesak napas, namun tentunya ada perbedaan dari gejala sesak napas yang dialami oleh COVID maupun asma.

Beberapa perbedaan gejala COVID dengan asma :

  • Sesak napas pada asma ditandai dengan bunyi mengi, sedangkan pada COVID tidak
  • Kemunculan gejala asma biasanya karena adanya, pemicunya sendiri
  • Gejala COVID didahului dengan gejela demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan barulah sesak napas

Untuk menghindari serangan Asma, pasien harus mengetahui faktor pencetus kambuhnya asma, seperti suhu dingin, debu atau kelelahan. Sedangkan pada COVID, penularannya berasal dari virus yang terkena COVID. Saran saya agar tidak tertular COVID, selalu gunakan masker saat keluar rumah, terapkan psyshical distancing dengan orang lain, konsumsi makanan bergizi perbanyak sayur dan buah, konsumsi air putih minimal 2-3 liter / hari untuk meningkatkan imunitas Anda. Jika sesak napas memberat segera ke dokter untuk memeriksakannya.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Panduan cara pakai masker yang benar yang dianjurkan

Sisi Berwarna Hijau atau Putih, Bagaimana Cara Pakai Masker Yang Benar?

Masker yang digunakan banyak orang untuk menghindari paparan virus dan bakteri penyebab penyakit memiliki dua sisi berbeda, yaitu sisi berwarna hijau dan sisi berwarna putih. Sudah tahukah Anda cara pakai masker yang benar?