08 Jul 2020, 00:42Pernapasan

Sesak nafas apakah asma atau TBC?

SU
Info Penanya: SU, Wanita, 30 Tahun
Maaf Dok, mau tanya.. saya punya keluhan sering sesak nafas/nafas tidak enak, kadang bisa sampai lemas/sakit kepala/sakit dada.Saya pernah memeriksakan diri ke 2 dokter spesialis paru, dokter pertama mendiagnosna saya TB laten (hasil IGRA positif, rontgen thorax dan CT Thorax normal), dokter kedua berdasarkan hasil pemeriksaan dokter pertama serta riwayat keluhan mendiagnosa saya asma. Pertanyaan saya, apakah mungkin seseorang mengidap tb dan asma secara sekaligus? Terima kasih
9346 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam E,Sesak napas adalah keluhan kesulitan bernapas atau napas yang tidak lega yang bisa timbul karena beragam hal. Penyebab utama sesak napas adalah masalah saluran pernapasan, mulai dari flu, infeksi saluran napas baik pnemonia sampai infeksi tuberkulosis, adanya peradangan saluran napas seperti asma, ataupun kerusakan atau obstuksi saluran napas. 

Penyebab sesak napas

Selain saluran napas, sesak napas juga bisa dipicu oleh masalah lain seperti:
  • Gangguan jantung
  • Masalah pencernaan seperti penyakit asam lambung
  • Masalah organ lain seperti gangguan ginjal, gangguan hati, dan lainnya
  • Reaksi alergi
  • Masalah gangguan elektrolit tubuh
  • Tekanan darah rendah
  • Anemia
Apabila sudah dilakukan pemeriksaan dan didapatkan penanda infeksi yang positif yaitu pemeriksaan IGRA, maka dapat didapatkan adanya infeksi tuberkulosis. Bisa juga dilakukan pemeriksaan sampel dahak untuk memastikan ada tidaknya bakteri tuberkulosis pada saluran napas. Apabila ada infeksi maka perlu dilakukan pengobatan sesuai kondisinya.Seseorang juga bisa mengidap infeksi TBC dan asma bersamaan dimana asma sendiri bisa sudah diketahui sejak usia dini ataupun baru diketahui saat dewasa. Apabila mengalami infeksi TBC dan memiliki riwayat asma maka perlu lebih waspada terutama saat terjadi serangan sesak napas. Perlu untuk segera memeriksakan diri pada fasilitas kesehatan untuk mendapatkan penanganan.Apabila tidak yakin maka bisa dipastikan dengan pemeriksaan penunjang ataupun opini dari dokter spesialis paru lain dan bisa dilakukan pemeriksaan penunjang lain seperti spirometri. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
asmainfeksi saluran pernapasanpenyakit pernapasantuberkulosis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil