21 Sep 2021, 05:26Pernapasan

Apa penyebab sesak disertai batuk yang menahun?

JA
Info Penanya: JA0
Hallo dok Saya mau bertanya, ayah saya sudah hampir 4 tahun sering sesak nafas, gejalanya seperti itu apabila sesak pasti disertai batuk, sakit kepala, dan meriang. Apakah penyakit yang di idaf bapa saya. Terimakasih ?
78 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, JTerima kasih atas pertanyaannya.Sesak napas adalah kondisi saat bernapas terasa tidak penuh, seperti ada yang menghambat ataupun menekan sehingga udara tidak dapat keluar dan masuk dengan sempurna.  Sesak napas dapat menandakan ada gangguan di saluran napas, jantung ataupun faktor lainnya.  

Penyebab sesak napas :

  • Asma yaitu peradangan kronis yang disebabkan reaksi alergi, asap, rokok, dan stres. 
  • Pneumonia atau infeksi pada kantung udara di paru yang disertai dengan demam tinggi, batuk lama, keringat dingin, nyeri otot, dan jantung berdebar
  • Penyakit paru kronis (PPOK) yaitu kumpulan dari penyakit paru seperti emfisema dan bronkitis kronis dimana menimbulkan keluhan batuk lama, sesak napas yang berbunyi, nyeri dada, badan lemas, hingga bengkak di bagian tungkai.  Riwayat merokok lama menjadi penyebab paling banyak. 
  • Gangguan pada jantung baik pada katup, pembuluh darah ataupun otot jantung. 
  • Obesitas. 
  • Asam lambung naik atau GERD. 
  • Faktor psikologis seperti stres berat, cemas, dan gangguan panik. 
Bila keluhan sering kambuh, sudah lama dan disertai demam maka ada kemungkinan terjadi infeksi.  Untuk itu ada baiknya bawa orang tua ke dokter spesialis paru untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan pada saluran napas seperti rontgen dada sehingga dapat dipastikan apakah kondisi yang diderita orang tua dan dapat mencegah terjadinya kekambuhan. Sementara ini hindari faktor pemicu sesak, banyak minum air putih, jauhi dari segala asap baik asap rokok ataupun merokok, latihan pernapasan, dan kurangi begadang. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
penyakit jantungasmasesak napaspneumoniappok
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil