Kenapa sesak di dada?

JF Info Penanya: JF, Wanita, 19 Tahun
Dada saya rasanya sakit, dan terasa kaya ada yg mengganjal buat bernafas
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi JF,

Dada sesak, sakit merupakan gejala yang dapat disebabkan oleh gangguan di lambung, paru-paru, jantung maupun pengaruh psikologis. Karena berbagai kemungkinan yang ada, harus dijelaskan bagaimana rasa sakitnya dan gejala lain yang menyertai sebagai berikut :

  1. Bila disebabkan asam lambung yang meningkat, maka dada terasa panas, sesak, sulit saat menarik napas, tenggorokan terasa asam, dan ada riwayat makan makanan pedas, asam, terlambat makan, stres, atau kebiasaan mengonsumsi kopi, soda, maupun alkohol.
  2. Bila jantung koroner maka nyeri dada seperti ditindih beban berat, menjalar ke rahang dan bahu, keringat dingin, sesak napas, mual, muntah.
  3. Bila paru-paru misal infeksi TBC akan muncul keluhan sering batuk, keringat malam, demam tanpa sebab yang jelas, penurunan berat badan atau berat badan tidak bertambah meskipun sudah makan banyak.
  4. Faktor psikologis bila dada mendadak sesak setelah marah-marah, atau sedang menghadapi masalah, mendadak lemas, susah tidur, tidak napsu makan, dll.
Sementara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi dada yang nyeri atau sesak adalah :
  1. Makan secara teratur, porsi kecil namun lebih sering.
  2. Hindari makanan pedas, asam, santan, kanji, ketan.
  3. Hindari kopi, soda, alkohol.
  4. Cari kegiatan lain yang menyenangkan agar tidak stres.
  5. Atur napas, tarik napas dalam-dalam dan hembuskan secara perlahan, ulangi beberapa kali untuk mengurangi sesak.

Bila keluhan tidak segera membaik, sebaiknya segera periksa ke dokter atau Rumah Sakit terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut seperti rekam jantung atau foto rontgen dada.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Asam lambung naik atau GERD dapat dicegah dengan menghindari makanan yang mengandung asam dan lemak yang tinggi

Cegah GERD dengan Makanan untuk Penderita Asam Lambung Naik

Asam lambung naik atau GERD dapat dicegah dengan menghindari makanan yang mengandung asam dan lemak yang tinggi. Anda dapat mengonsumsi sayur, jahe, oatmeal, putih telur, buah yang tidak mengandung asam, atau makanan yang mengandung lemak sehat seperti alpukat dan kacang-kacangan agar terhindari dari asam lambung naik.