Sesak di dada dan tenggorokan terasa mengganjal, gejala apakah itu?

AP Info Penanya: AP, Pria, 20 Tahun
Mau nanya dok. Dada saya sesak gitu dok dan tenggorokan terasa seperti ada yang mengganjal. Namun saya tidak flu dan batuk, cuman akhir akhir ini jantung terasa berdetak keras dan telapak tangan berkeringat, ditambah susah tidur dalam beberapa hari terakhir. Gimana ya dok? Soalnya saya cemas dengan penyakit covid
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AP

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Rasa sesak tidak nyaman di dada bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah masalah pada pencernaan (GERD), adanya penyakit paru, adanya penyakit jantung, masalah psikologis seperti pada kecemasan yang berliebihan, atau pada kondisi medis yang lainnya. Pada usia dewasa muda, rasa tidak nyaman pada dada paling sering karena efek dari adanya masalah pencernaan, yaitu gastro esofageal reflux disease atau sering disebut dengan istilah GERD

GERD adalah kondisi dimana terjadi peningkatan asam lambung dan asam lambung tersebut naik ke kerongkongan yang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada dada serta tenggorokan.

Adapun beberapa tanda dan gejala penyakit GERD diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Heart burn atau rasa panas terbakar pada dada
  • Nyeri ulu hati
  • Rasa tidak nyaman pada tenggorokan, seperti ada lendir atau ada yang mengganjal
  • Mual atau bahkan muntah
  • Mulut terasa asam
  • Kembalinya cairan asam lambung atau makanan ke kerongkongan (regurgitasi)

Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan, harus dipastikan dulu penyebabnya. Usahakan Anda untuk tetap makan tepat waktu (tidak terlambat makan), hindari makanan yang dapat memicu kenaikan dari asam lambung, konsumsi makanan dengan gizi seimbang, cukupi kebutuhan cairan harian, hindari stres, hindari minuman berkafein seperti kopi dan juga hindari konsumsi alkohol.

Jika keluhan dirasa tidak membaik, segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat untuk dilakukan pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih lanjut terkait dengan keluhan yang Anda rasakan.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AP
14 May 2020, 00:46
Jika saya terindikasi penyakit GERD, bolehkah saya berpuasa dok?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Krisis nyeri pada bayi adalah salah satu tanda dari anemia sel sabit yang membuat bayi terus menangis

5 Gejala Anemia Sel Sabit pada Bayi, Orangtua Wajib Tahu

Anemia bulan sabit adalah penyakit genetik, yang bisa terdeteksi sejak penderita masih bayi. Orangtua wajib memperhatikan gejala anemia pada bayi seperti krisis nyeri, penyakit kuning, hingga penyumbatan pembuluh darah, terutama saat bayi mulai menginjak usia lima bulan.