Apakah sesak di dada berhubungan dengan penyakit jantung?

PD Info Penanya: PD, Wanita, 45 Tahun
Selamat malam dok.saya mau tanya apakah sesak di dada selalu berhubungan dengan penyakit jantung
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi PD.

Sesak napas adalah gangguan pada tubuh yang menyebabkan sulitnya bernapas, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal dimana penyebabnya tidak hanya gangguan jantung, tetapi juga bisa disebabkan oleh gangguan pernapasan, gangguan pencernaan, gangguan organ lain seperti masalah otot, gangguan ginjal, gangguan hati dan beragam hal lain.

Untuk itu perlu diperhatikan kondisi yang menjadi pemicu timbulnya sesak dan gejala apa yang menyertai. Informasi ini nantinya akan membantu dokter untuk bisa menentukan pemeriksaan apa yang akan dilakukan untuk mengetahui penyebab sesak dan memberikan penanganan yang tepat.

Dokter nantinya akan melakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti lab darah, foto rontgen, rekam jantung, pemeriksaan kapasitas paru dan pemeriksaan lain yang diperlukan.

Jika sesak napas terjadi mendadak, bibir tampak pucat, kuku kebiruan maka menandakan tubuh kekurangan suplai oksigen dan perlu mendapatkan pertolongan segera ke IGD rumah sakit. Jadi perhatikan pemicunya dan hindari. Jika sesak sering kambuh dan berulang segera periksakan pada dokter. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Apabila dikonsumsi secara moderat, manfaat wine begitu berlimpah bagi kesehatan

Memetik Manfaat Wine yang Tak Terduga untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Wine memang pas dipadukan dengan berbagai makanan. Mulai dari camilan manis hingga hidangan daging. Di balik kenikmatannya, manfaat wine untuk kesehatan ternyata juga melimpah. Apa sajakah itu?