Sesak dan sakit bila melakukan aktivitas, apakah penyebabnya?

JF Info Penanya: JF, Wanita
teman saya mengalami sesak, awalnya dia jalan kaki dengan jarak yang cukup jauh dan medan menanjak setelah itu meminum teh panas. sekarang jika melakukan aktifitas sedikit saja menjadi sesak, dan sakit, karena apa dan bagaimana cara menanganinya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, JFW

Terima kasih atas pertanyaannya.

Sesak bila beraktivitas saat beraktivitas seperti menaiki tangga dan berjalan jauh. Proses bernapas itu sendiri terjadi tanpa disadari namun jika bernapas semakin cepat dan pendek, itulah yang digambarkan sebagai sesak. Proses napas yang sebelumnya melalui hidung jadi menggunakan mulut agar mendapat lebih banyak udara. Bila hal ini terjadi bukan karena aktivitas olahraga, maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Pada orang biasa yang jarang berolahraga, bisa timbul sesak saat aktivitas berat. Namun jika keluhan dirasakan saat aktivitas rutin sehari-hari maka memerlukan konsultasi dengan Dokter. Sesak tersebut menandakan paru-paru, tidak mendapatkan oksigen atau tidak mengeluarkan karbon dioksida dengan jumlah cukup. 

Penyebab sesak adalah interaksi faktor fisik dan psikologis. Misalnya pada serangan panik, disebabkan oleh sesuatu di otak namun gejala fisiknya sangat nyata. Bahkan bisa akibat kualitas udara yang buruk di lingkungan. Beberapa kondisi klinis seperti penyakit paru, gagal jantung, asma, kondisi fisik yang buruk, hamil besar, kurang darah, infeksi paru, kegemukan, penyakit ginjal dan gangguan hati.

Penangananannya tergantung dari hasil pemeriksaan nantinya. Karena terapinya juga berbeda. Berikut saya lampirkan artikel mengenai cara mengatasi sesak secara alami untuk pertolongan pertama.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi paru-paru dapat menimbulkan komplikasi yaitu empiema

Ketahui Kaitan Antara Infeksi Paru-paru Pneumonia dan Empiema

Infeksi paru-paru pneumonia yang tidak segera mendapatkan penanganan akan memicu penumpukan cairan pada paru-paru. Bila cairan berlebih ini terinfeksi, maka akan muncul nanah pada paru-paru atau biasa disebut empiema.