26 Feb 2021, 18:51Jantung

Apa penyebab sesak napas saat tidur?

IA
Info Penanya: IA0
Halo dok, saya isnain usia saya 19 tahun, saya mau menanyakan, kenapa ya setiap mau tidur baik itu tidur siang ataupun malam intensitas jantung jadi tinggi hingga menyebabkan sesak di dada setiap mau tidur ataupun sedang tidur, bahkan pernah sampai menimbulkan nyeri di bagian jantung saat tengah malam, terimakasih
285 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, IATerima kasih atas pertanyaannya.Sesak nafas adalah kondisi dimana sulit mengambil nafas dengan baik sehingga tidak lega dalam bernafas.  Sesak nafas tidak hanya disebabkan oleh saluran pernafasan tetapi juga kondisi lainnya.

Penyebab sesak nafas saat tidur :

  • Sleep apnea yaiut kondisi dimana adanya saluran nafas yang menyempit dan oksigen yang berkurang saat tidur sehingga membuat terbangun dan merasa pusing dan frustasi.
  • Asma yaitu reaksi akibat peradangan pada paru.Ketika tidur, posisi berbaring dapat membuat tekanan pada diafragma sehingga sulit bernafas. 
  • Reaksi alergi karena paparan debu, udara dingin, lembab.
  • Gangguan cemas atau mengalami serangan panikdapat terjadi pada saat akan tidur atau sedang tidur. Keringat dingin, jantung berdebar, merasa ingin pingsan dan mual.
  • Asam lambung yang naik atau GERD dapat menyebabkan rasa seperti tertekan di dada karena gas yang meningkat sehingga napas tidak lega dan sesak.
  • Gangguan pada jantung bila memiliki riwayat hipertensi, kelainan jantung bawaan, kolestrol tinggi.
Bila keluhan Anda sudah lama dan menganggu aktivitas, tidak ada salahnya periksa ke dokter spesialis penyakit dalam untuk pemeriksaan lebih lanjut guna mengetahui penyebab pastinya sehingga dapat ditangani dengan benar dan tepat.Sementara ini perbanyak air putih, jaga berat badan seimbang, hindari faktor pencetus, makan dan minum yang sehat, sangga punggung dengan bantal saat tidur, lakukan teknik pernapasan dalam.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
panikalergipenyakit jantungasmagerdsleep apnea
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil