Mual dan muntah setelah makan, apa penyebabnya?

AR Info Penanya: AR, Wanita, 20 Tahun
Serung mual dan muntah kalau abis makan, Gimana dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AR.

Mual adalah sensasi seperti ingin muntah, yang menyebabkan rasa tidak nyaman pada tubuh, terutama perut. Sedangkan muntah adalah proses mengeluarkan makanan, cairan, dan isi perut lainnya. Kedua gejala tersebut biasanya menandakan adanya gangguan organ-organ yang berperan dalam proses pencernaan.

Apabila mual dan muntah terjadi setelah makan, berikut beberapa kemungkinan penyebabnya:

  • Adanya riwayat maag, dan mengonsumsi sesuatu yang dapat mengiritasi lambung (kopi, makanan asam, pedas, atau terlalu berminyak)
  • Alergi atau intoleransi makanan tersebut, sehingga tubuh mengeluarkan mekanisme alami untuk mengeluarkannya kembali
  • Mengonsumsi makanan terlalu banyak
  • Ulkus duodenum (luka pada dinding usus dua belas jari)

Untuk sementara, coba makan teratur dengan porsi sedikit-sedikit. Konsumsi makanan yang mudah dicerna, seperti bubur, nasi tim, atau smoothie buah dan sayur. Hindari dulu konsumsi makanan yang dapat memicu iritasi lambung, alergi, atau intoleransi. 

Apabila keluhan masih terjadi, periksakan diri Anda ke dokter spesialis penyakit dalam, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan, misalnya laboratorium atau endoskopi. Nantinya, hasil pemeriksaan akan dievaluasi dan penyebabnya akan diketahui. Lalu, dokter akan memberikan penanganan yang tepat dan sesuai, baik berupa obat, tindakan, atau edukasi modifikasi gaya hidup. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara menghilangkan sendawa yang terlalu sering bisa dilakukan dengan mudah

Ini Cara Menghilangkan Sendawa agar Tak Terus Mengganggu

Sendawa bisa meredakan perut yang tak nyaman. Tapi sendawa yang terlalu sering juga tak baik untuk kesehatan. Anda perlu tahu cara menghilangkan sendawa yang keseringan, dan kapan harus mewaspadainya.