Sampai kapan IgG reaktif dalam tubuh?

YD Info Penanya: YD, Wanita, 37 Tahun
Salam dok, saya wanita umur 37 tahunTgl 2 sep tes serulogi hasilnya reaktifTgl 5 sep tes swab hasilnya negatifSaya sudah isolasi mandiri sejak tgl 3 sep , jadi sdh 12 hariPada hari ke 12 tes rapid hasil igg masih reaktif saja.Apa saya pernah kena covid?lalu kapan saya dinyatakan benar2 sembuh?Saya punya riwayat gampang sekali bersin , flu dan batuk.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, Y

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Terapat substansi kimia dalam sistem imun tubuh kita yang disebut dengan antibodi. Antibodi bekerja secara spesifik dan berperan penting untuk melawan bakteri, viurus dan penyakit lain yang menyerang tubuh. Terdapat beberapa jenis antibodi, adapun 2 contoh antibodi yang dikenal masyarakat adalah IgM dan IgG, seperti yang tercantum saat melakukan rapid tes covid19.

IgM adalah suatu antibodi yang terbentuk oleh tubuh saat pertamakali tubuh terapapar oleh virus / bakteri yang menyebabkan tubuh menjadi infeksi. Pada kasus virus covid19, IgM bertahan hingga 21 - 28 hari setelah terinfeksi.

IgG adalah suatu antibodi yang terbentuk pada saat tubuh mengalami infeksi pada masa lampau. Dimana, kondisi ini bisa diartiakan sebagai kekebalan tuuh jangka panjang. Pada kasus virus covid19, IgG muncul sekitar 7-8 hari setelah terinfeksi dan bertahan lebih dari 28 hari di dalam darah. 

Terkait dengan pertanyaan Anda, IgG masih dapat terdeteksi hingga lebih dari 28 hari dalam darah. Untuk memastikan dan dinyatakan sembuh, lakukanlah pemeriksaan ke dokter terdekat. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan swab test (RT-PCR) ulang untuk memastikan.

Tindakan yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penularan covid19 adalah:

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh YD
17 Sep 2020, 21:06
Kalau igg saya reaktif al, Apakah dimasa lampau artinya saya pernah positif covid?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
18 Sep 2020, 11:31
Selamat siang YD.
Karena pemeriksaan rapid test merupakan pemeriksaan mendeteksi antibodi yang terbentuk oleh tubuh, maka bisa karena pernah terinfeksi covid19, atau virus SARS, atau virus lain. Oleh sebab itu, pemeriksaan konfirmasi covid19 adalah pemeriksaan swab test (PCR). Untuk menkonfirmasi kembali, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter agar dokter melakukan wab test kembali untuk memastikan.
Terima kasih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kumur air garam bisa cegah virus corona adalah mitos

Kumur Air Garam Bisa Cegah Virus Corona, Apakah Benar Terbukti?

Kumur air garam akhir-akhir ini diisukan dapat mencegah virus corona. Berkumur dengan air garam dianggap sebagai cara yang ampuh untuk mencegah masuknya virus corona ke dalam tubuh.