Sering stres dan merasa hubungan sosial memburuk

H Info Penanya: H, Pria, 21 Tahun
Dokter saya punya keluhan tentang kondisi psikis saya, saya sering stress. Saya merasa saya gak memiliki kelebihan apapun, jujur secara fisik saya bisa dibilang jelek, tubuh pendek. Saya merasa kurang percaya diri. Dan diumur yg menginjak 20 ini saya merasa hubungan sosial saya dengan teman" dan bahkan orang tua semakin memburuk, saya hanya punya sedikit teman, tapi gak ada yg bisa saya jadikan tempat curhat. Mungkin dokter ada solusi langkah" yang harus saya lakukan. Terimakasih dokter ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang H,

Stres dapat menyerang siapa saja dimana jika bisa dikelola dengan baik stres dapat menjadi pemicu semangat atau kadang dikenal dengan istilah eustress dan distress atau stres yang dapat memicu dampak yang negatif. Apabila tidak dapat dikelola dengan baik, stres dapat memicu timbulnya permasalahan psikologis yang lebih lanjut seperti misalnya menimbulkan gangguan kecemasan, gangguan suasana perasaan dan lainnya yang dapat berpengaruh terhadap aktivitas sehari-hari termasuk hubungan sosial.

Penting untuk meningkatkan rasa percaya diri dan tidak merasa rendah diri untuk dapat kembali menjalin relasi sosial dengan teman-teman. Anda bisa menjalankan hobi yang disenangi untuk sekedar refreshing ataupun mencari lingkungan pertemanan baru sehingga bisa lebih tenang. Selain itu juga penting untuk memiliki pemikiran positif bahwa diri Anda berharga tidak hanya sekedar dari fisik tetapi juga dari keseluruhan diri seperti bagaimana bersikap dan berperilaku.

Kehilangan rasa percaya diri, merasa rendah diri, kehilangan motivasi dapat timbul selain karena depresi juga bisa disebabkan gangguan kepribadian. Untuk itu apabila saat ini merasa semakin stres dan kesulitan meminta bantuan pada teman untuk sekedar berbagi cerita ada baiknya untuk meminta pertolongan profesional seperti psikolog atau dokter ahli psikiatri untuk mendapatkan bantuan.  Nantinya akan dilakukan penanganan baik melalui konseling ataupun pengobatan jika diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P. 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perceraian bisa meningkatkan risiko terhadap penyakit kronis dan kematian.

Dampak Perceraian, dari Diabetes hingga Meningkatkan Resiko Kematian!

Perceraian kadang menjadi satu-satunya solusi yang bisa ditempuh sebagai jalan keluar dari masalah yang dialami suatu pasangan. Namun sering tidak disadari, dampak perceraian juga ternyata dapat berpengaruh terhadap kesehatan, hingga memicu penyakit kronis.