Sering sesak dan sakit di dada, apa penyebabnya?

PB Info Penanya: PB
Donk saya mau tanya Untuk berapa hari ini saya sering mengalami sesak /sakit di dada tiba2 waktu malam hari.kalo seperti itu gejala apa ya dok..mohon penjelasan nya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang PB,

Sesak napas adalah gejala yang bisa disebabkan oleh beragam penyebab seperti gangguan pernapasan, gangguan pencernaan seperti maag atau penyakit asam lambung, gangguan jantung, gangguan otot dan lainnya.

Jika timbul sesak, bisa diperhatikan gejala lain apa yang timbul seperti misalnya ada tidak suara napas tambahan seperti ngik-ngik atau mengi, ada tidaknya batuk, atau keluhan lain yang menyertai.

Upayakan beberapa hal untuk bisa mengurangi sesak dan gejala yang timbul seperti:

  • Menjaga pola makan
  • Makan sedikit tapi sering 
  • Hindari makanan yang mengiritasi lambung seperti makanan pedas, asam, bersantan, ataupun minuman berkafein seperti kopi dan soda
  • Upayakan kelola stres 
  • Bisa konsumsi antasida sebelum makan
  • Hindari pemicu lain seperti asap rokok, debu ataupun lainnya

Dan jika keluhan menetap bisa periksakan diri, apabila daerahmu terdampak infeksi COVID-19 tunda periksa ke dokter jika tidak ada gejala seperti sesak berat, nyeri hebat, demam, batuk terus menerus ataupun bisa gunakan masker jika pergi ke fasilitas kesehatan dan sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menarik napas dalam-dalam melalui perut dapat menjadi cara untuk mengatasi sesak napas

Cara Mengatasi Sesak Nafas dengan Cepat dan Alami

Sesak napas dapat disebabkan oleh banyak hal seperti kelebihan berat badan, asap rokok, alergi, suhu ekstrim, dan gelisah. Hal ini juga dapat disebabkan oleh penyakit seperti asma, anemia, tbc, kanker, dan paru. Sesak napas dapat diatasi tanpa obat-obatan yaitu dengan cara bernapas melalui mulut, tarik napas yang dalam, berbaring, mengonsumsi jahe, dan gaya hidup sehat.