20 Jul 2021, 14:46Pernapasan

Kenapa sering sesak saat malam hari?

DA
Info Penanya: DA0
Siang dokter, saya Alfian dri bogor mau tanya dok? Sudah satu minggu ini saya sering merasa kelelahan,. Pada saat tidur malam selalu mengalami sesak nafas, anehnya jika pagi hari atau siang saya normal saja..tidak sesak seperti saat tidur. Jika malam tidur sesak nafasnya kambuh lagi juga hidung ada lendirnya..saya sakit apa ya dok? Apakah berbahaya yang saya derita saat ini? Bagaimana cara mengatasinya? Terimakasih
454 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, DATerima kasih atas pertanyaannya.Sesak napas adalah rasa tidak dapat bernapas dengan baik.  Sesak napas di malam hari dapat disebabkan adanya gangguan di paru hingga pengaruh psikologis. 

Penyebab sesak napas saat malam hari :

  • Asma yang muncul akibat paparan udara dingin, debu, bulu hewan, zat kimia hingga asap rokok atau polusi.
  • Pneumonia atau peradangan di kantung udara paru sehingga menimbulkan rasa sesak yang disertai demam, batuk berdahak, serta nyeri dada.
  • Asam lambung yang naik (GERD) dimana menimbulkan rasa panas di dada, rasa penekanan di dada sehingga tidak dapat menarik napas, mengganjal di tenggorokan, lendir menumpuk serta mulut kering.
  • Gangguan psikologis seperti cemas berlebih atau serangan panik.
  • Gangguan tidur ketika sesak terjadi beberapa lama setelah tertidur.
Sedangkan lendir di hidung bisa terjadi karena faktor infeksi, iritasi, alergi ataupun adanya polip di hidung.  Bila keluhan ini sudah lama dirasakan dan menganggu tidur ataupun aktivitas ada baiknya periksa ke dokter spesialis paru untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sehingga diketahui penyebab pasti dan penanganan dapat lebih tepat.  Sementara ini bisa jaga pola makan sehat, perbanyak air putih, sangga punggung dengan bantal, kelola stres dan cemas, kurangi begadang dan kafein, istirahat teratur, hindari merokok dan paparan asap rokok, latihan pernapasan dalam dan olahraga teratur. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
panikasmagerdpenyakit pernapasanhidung tersumbatsesak napasgangguan kecemasan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil