Sering sesak kalau kelelahan disertai mual dan kepala sakit

RW Info Penanya: RW, Wanita, 2019 Tahun
Assalamu'alaikum dok sy mau tanya, akhir akhir ini sy sering sesak nafas klw kelelahan mual tp tdk muntah dan jg kpla skit, apa yg trjdi dg sy dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RWF,

Keluhan yang dialami dapat timbul disebabkan oleh beberapa kemungkinan penyebab dimana sesak napas dapat disertai dengan gejala lain seperti batuk, napas berbunyi, nyeri dada, sakit kepala, mual atau muntah, keringat dingin dan lainnya. Beberapa penyebab sesak sendiri diantaranya:

  • Asma ditimbulkan pembengkakan saluran napas dipicu oleh alergi, kelelahan, aktivitas fisik dan lainnya. Ditandai kesulitan bernapas, napas berbunyi, bibir dan kuku dapat kebiruan
  • Penyakit asam lambung, dapat menimbulkan nyeri ulu hati, mual dan muntah, sakit perut atas
  • Serangan darah rendah
  • Anemia atau kadar sel darah merah yang menurun
  • Gangguan jantung
  • Gangguan paru lainnya
  • Ketegangan otot
  • Faktor psikis

Untuk itu perlu diperhatikan hal apa yang memicu timbulnya gejala dan dilakukan pencegahan agar tidak berulang. Upayakan untuk makan dengan teratur, makan dengan porsi kecil tetapi sering, hindari makanan yang dapat memicu timbulnya gejala, cukup beristirahat, minum banyak air putih, istirahat dengan cukup, kelola stres dengan baik dan juga berolahraga dengan rutin. 

Jika keluhan masih sering timbul dan bertambah berat, segera periksakan diri pada dokter terutama jika timbul sakit kepala hebat, sesak berat, timbul bibir dan kuku kebiruan, napas berbunyi, pingsan, ataupun nyeri dada maka perlu untuk segera dilakukan penanganan di rumah sakit.

Baca juga artikel kesehatan kami mengenai pertolongan pertama sesak napas. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita GERD kerap mengalami naiknya asam lambung hingga tenggorokan hingga menyebabkan rasa terbakar

Ciri-Ciri Asam Lambung Naik, Alarm Bagi Penderita GERD

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah penyakit gangguan asam lambung. Pada penderita GERD, ciri-ciri asam lambung naik bisa beragam, mulai dari batuk kronis, bau napas tidak sedap, hingga sensasi terbakar di dada.