Sering sendawa meski tidak masuk angin, apa penyebabnya?

RZ Info Penanya: RZ, Pria, 19 Tahun
Hai dok, sejak kemarin mama saya sering sekali sendawa tapi tidak terlihat seperti orang yang masuk angin. Kira-kira penyebabnya apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RZ.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sendawa merupakan proses alami tubuh dalam mengeluarkan gas dari saluran pencernaan. Keadaan tersebut adalah hal yang normal terjadi dan baik bagi tubuh untuk mencegah penumpukan gas. Secara umum gas pada saluran pencernaan berasal dari udara luar yang tertelan (aerophagia) ketika makan dan minum terutama jika sambil berbicara, serta merupakan produk pencernaan yang terbentuk ketika tubuh mencerna makanan. 

Kendati demikian, sendawa yang normal umumnya tidak berlangsung secara sering. Keadaan sendawa yang berlebihan mungkin dapat mengindikasikan adanya gangguan pada tubuh.

Faktor penyebab sendawa

Selain karena keadaan tertelannya udara dari luar dan udara yang berasal dari produk pencernaan, sendawa dapat disebabkan oleh beberapa kondisi medis yang meliputi :

  • Sindroma dispepsia

kumpulan gejala gangguan pencernaan yang dikenal di masyarakat dengan maag, dapat disertai perut kembung, mual dan muntah

kenaikan asam lambung hingga ke kerongkongan yang disebabkan oleh adanya kelemahan otot penyekat lambung dan kerongkongan, dapat disertai rasa panas pada dada dan tenggorokan (heartburn)

  • Luka pada lambung

adanya kerusakan dinding lambung yang kerap kali teriritasi oleh asam lambung yang kadarnya meningkat secar berlebih atau adanya getah lambung yang mengalami penurunan, dapat disertai gejala nyeri ulu hati

  • Irritable bowel syndrome (IBS)

sindroma iritasi usus yang belum diketahui penyebabnya, dapat disertai diare atau konstipasi

  • Infeksi Pylori

infeksi bakteri H.pylori di lambung pada individu dengan sanitasi yang buruk, dan riwayat konsumsi obat nyeri (OAINS) dalam jangka panjang

Serta masih banyak faktor lainnya yang dapat mempengaruhi dan menyebabkan keadaan sendawa yang berlebih. 

Terkait dengan keluhan Anda, pada dasarnya dalam dunia medis tidak ada yang disebut dengan masuk angin, seperti pada penjelasan di atas, mungkin yang dimaksudkan dari masuk angin adalah aerophagia atau sindroma dispepsia. Keluhan sendawa berlebih pada Anda mungkin disebabkan oleh beberapa faktor penyebab di atas. Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan secara langsung terlebih dahulu oleh dokter. 

Sebagai penanganan awal di rumah, Anda dapat mengonsumsi obat golongan antasida untuk membantu mengurangi keluhan sendawa, serta menggunakan cara yang alami seperti mengonsumsi air larutan jahe atau air perasan lemon yang diberi sedikit baking soda.

Jika keluhan tidak kunjung membaik, atua disertai gejala nyeri perut, mual dan sakit menelan, segera periksakanlah diri Anda pada dokter Spesialis Penyakit Dalam.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makanan pembersih usus cukup banyak, termasuk buah-buahan karena kaya dengan serat

Konsumsi Makanan Pembersih Usus untuk Pencernaan yang Bahagia

Makanan pembersih usus bisa dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan. Bahkan, beberapa makanan tersebut juga dilaporkan menurunkan risiko kanker usus besar. Apa saja makanannya?