sering sariawan menandakan usus yang tidak sehat

T Info Penanya: T, Wanita, 18 Tahun
Dokter saya ingin bertanya, apakah sering sariawan menandakan usus yang tak sehat? padahal area mulut selalu dibersihkan .
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, T

Sariawan terjadi saat adanya luka dan radang pada rongga mulut, penyebab sariawan bisa traumatik gigitan saat mengunyah. Kondisi lain yang menyebabkan sariawan adalah infeksi bakteri atau jamur, anemia, mulut kering, kurang vitamin C, B12 atau memiliki penyakit lain yang mendasari. 

Pada seseorang yang memiliki masalah usus juga sering menunjukkan tanda adanya sariawan, biasanya terkait gangguan penyerapan yang menyebabkan tubuh kekurangan vit c atau B12. Kondisi kelainan usus lain yang juga terkait sariawan adalah Crohn disease dan koliti ulceratif dimana terjadi radang saluran cerna namun paling sering mengenai usus, radang yang terjadi dapat mengenai seluruh saluran makan hingga usus.

Saya sarankan agar anda menghindari stress, jauhi alkohol dan rokok, perbanyak minum air putih, konsumsi buah dan sayuran, hindari makanan pedas dan panas, untuk masalah radang usus sebaiknya konsumsi makanan tinggi serat dan yoghourt yang mengandung probiotik. 

Salam sehat

dr. Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengobati sariawan yang bebas dari rasa perih dan nyeri

7 Cara Mengobati Sariawan dengan Bahan Alami

Meskipun dapat sembuh dengan sendirinya, namun akan lebih baik jika sariawan hilang lebih cepat dan tidak mengganggu kehidupan sehari-hari. Cara mengobati sariawan tidaklah sulit dan dapat dilakukan dengan bahan-bahan alami, misalnya garam, madu, yogurt, minyak kelapa, dan lain sebagainya.