Sering sakit migren, keturunan darah rendah, kira-kira gejala sakit apa?

NP Info Penanya: NP, Wanita
Selamat malam dok. Mau tnya sya seringkali sakit kepala Kya migrain gtu smpai Kya mau pecah rsa ny. Udh tnya dokter kt ny GK ada apa2, memang sya ada keturunan darah rendah tpi kdang periksa darah normal tetap saja pusing ya dok.. kira2 gejala skit apa ya.. apa ada yg menghawatirkan. Kta ny vertigo
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NP

Sakit kepala adalah sinyal dari tubuh yang diteruskan ke otak dan mengakibatkan sakit kepala. Penyebab paling sering dari sakit kepala adalah kurang istirahat. Minimal anda memerlukan istirahat 6 jam tidur setiap harinya. Bisa juga akibat anda terlalu lama melihat layar monitor atau smartphone sehingga mata anda lelah dan mengirim sinyal sakit kepala. Kemudian bisa karena anda sedang stres atau mengalami banyak tekanan di kantor / sekolah yang mengakibatkan nyeri kepala. Selain itu bisa karena pencernaan, anda sedang kurang gula darah (belum makan) atau lambung anda bermasalah karena telalu banyak makanan pedas, asam, berminyak atau minuman kopi, soda dan alkohol. Kemudian pada wanita juga ada pengaruh dari hormon, sehingga ada waktu tertentu pada siklus haid dimana timbul sakit kepala.

Cara mengatasinya dengan istirahat yang cukup, saat bekerja jangan lupa mengistirahatkan mata anda setiap 20 menit selama 20 detik dari layar komputer. Hindari stres dan cari cara mengatasi stres bisa dengan olahraga, melakukan hobi anda, yoga atau meditasi. Makan juga harus teratur, bisa dengan mengurangi porsi tapi meningkatkan frekuensi anda makan. Serta hindari makanan atau minuman yang membuat iritasi pada pencernaan.

Bila keluhan tidak berkurang, sebaiknya anda konsultasi langsung dengan Dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

3 Penyebab Sering Sakit Kepala yang Mungkin Menimpa Anda

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menjaga kebersihan diri dapat dilakukan dengan mandi setidaknya dua kali sehari

3 Langkah Menjaga Kebersihan Diri agar Terhindar dari Penyakit

Menjaga kebersihan harus dimulai dari diri sendiri, terutama dengan mandi, mencuci tangan, dan menggosok gigi. Apa manfaat menjaga kebersihan? Berikut penjelasannya.