Sering sakit kepala terutama saat terpapar panas matahari

ZH Info Penanya: ZH, Pria, 36 Tahun
Assalam mualaikum ww..Saya sering mengalami sakit kepala dok,Apalagi kerja panas Pancasan,tu sampai malam Tu kepala saya sakitnya,mohon solusinya dok,dan apa obatnya?..trims
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi, Waalaikumusalam ZH

Terimakasih atas pertanyaannya,

Jenis sakit kepala dapat dibedakan menjadi sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder. Sakit kepala primer yakni jenis sakit kepala yang memang menjadi jenis penyakit, dan sakit kepala sekunder merupakan gejala dari penyakit atau kondisi medis lain yang terjadi.

Berikut macam-macam jenis sakit kepala primer :

  1. Sakit kepala tegang atau Tension merupakan jenis sakit kepala yang sering dialami. Apabila mengalami sakit kepala ini, Anda akan merasakan tegangan dan tekanan di sekitar kepala. Tak hanya itu, sensitivitas di sekitar leher, dahi, kulit kepala, atau otot bahu juga mungkin terjadi. Pada beberapa kasus, sakit kepala tegang umumnya bisa diatasi dengan beberapa obat, seperti paracetamol
  2. Sakit kepala Migrain, merupakan jenis sakit kepala yang biasanya ditandai dengan nyeri berdenyut hebat di satu sisi kepala. Orang yang menderita jenis sakit kepala ini juga menjadi sensitif terhadap cahaya dan bunyi-bunyian. Muntah dan mual, juga kerap dialami penderita. 
  3. Sakit kepala Cluster, merupakan jenis sakit kepala dengan rasa sakit yang membakar atau menusuk tajam, terjadi di belakang atau sekitar mata, atau pada satu sisi wajah

Sedangkan sakit kepala sekunder dapat disebabkan oleh beberapa penyakit, seperti : sinusitus, darah tinggi, post traumatic.

Cobalah untuk istirahat dengan teratur, manajemen stress sesuai minat, cukupi asupan cairan dengan air putih 1-2 liter perhari, jika perlu Anda dapat mengkonsumsi multivitamin, dan memperbanyak makan sayuran dan buah.

Apabila keluhan sakit kepala Anda terus berlanjut, sebaiknya Anda memerikasakan diri secara langsung ke dokter spesialis saraf agar mengetahui diagnosis dan penanganan yang tepat untuk keluhan sakit kepala Anda.

Berikut saya lampirkan artikel jenis-jenis sakit kepala primer dan kebiasaan yang bisa memicu kepala sering sakit sebagai informasi tambahan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat, terimakasih atas kepercayaan Anda pada aplikasi SehatQ.

Salam Sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab pusing yang dialami dapat berasal dari reaksi alergi dan obat yang dikonsumsi.

Ternyata Pusing Bisa Disebabkan Obat dan Alergi, Ini Alasannya

Seringkali Anda mengalami pusing tanpa mengetahui penyebabnya. Tanpa disadari, penyebab pusing yang Anda alami dapat berasal dari reaksi alergi dan obat yang Anda konsumsi.