Sakit kepala disertai mual saat sedang beraktivitas

DA Info Penanya: DA, Wanita, 18 Tahun
Selamat malam dok. Umur saya 19 tahun. Saya sering merasakan sakit kepala yang tiba-tiba saat sedang beraktivitas dan redanya cukup lama. Kadang di sertai rasa mual dan tidak nafsu makan. Kadang juga penglihatan jadi gelap. Apakah ini gejala suatu penyakit dok? Dan hal apa yang harus saya lakukan saat tiba-tiba sakit kepala sampai mengganggu aktivitas?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DAW.

Sakit kepala yang muncul saat sedang beraktivitas bisa dipicu oleh berbagai kondisi. Hal ini tentunya sangat mengganggu dan sebaiknya ditangani. Tetapi, agar penanganannya sesuai, sebaiknya dicari tahu dulu penyebab pastinya.

Penyebab sakit kepala yang Anda alami bisa berhubungan dengan aktivitas tersebut maupun tidak. Apabila berhubungan dengan aktivitas, bisa karena melakukan kegiatan yang cukup berat, terpapar suara yang terlalu berisik terus-menerus, atau terpapar cahaya dari layar komputer berkepanjangan. Sedangkan yang tidak berhubungan bisa karena maag (apabila disertai mual), gula darah rendah (yang menyebabkan penglihatan tampak gelap), atau tekanan darah rendah.

Apabila Anda mengalami sakit kepala tersebut, sebaiknya lakukan istirahat sejenak dari kegiatan yang Anda lakukan. Berbaringlah di alas yang datar, pada ruangan dengan pencahayaan cukup dan tenang. Tarik napas dalam-dalam, dan minumlah segelas air putih hangat. Apabila dibutuhkan, konsumsi obat antinyeri yang dijual bebas seperti paracetamol juga diperbolehkan.

Lalu, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf, apabila hal ini sudah berulang dan mengganggu kualitas hidup Anda. Nantinya, akan dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, seperti misalnya rontgen kepala, CT scan, atau laboratorium. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan penanganan yang sesuai dan tepat. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pemicu sakit kepala bagian depan

Mengenal Berbagai Pemicu Sakit Kepala Bagian Depan

Sakit kepala bagian depan tidak boleh Anda anggap remeh. Hal ini bisa terjadi karena adanya ketegangan di kepala, sakit kepala cluster, hingga ketegangan pada mata.