Sering rasa nyeri di dada kiri dan kanan, pertanda apa?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Dok, Saya sering nyeri dada kiri maupun kanan. Awalnya mikir karena makan yang pedes-pedes, tetapi nyerinya kambuh tidak cuma saat beraktivitas bahkan saat tiduran juga nyeri. Apakah saya kena gerd? Tolong Responnya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Nyeri dada adalah keluhan dimana dada terasa panas, nyeri seperti ditusuk, dada terasa berat atau sesak ketika tarik napas, seperti ditindih beban berat, dll.

Banyak faktor yang menimbulkan keluhan nyeri dada seperti :
  1. GERD, naiknya asam lambung ke dada akan dirasakan seperti dada terasa berat atau panas, tenggorokan terasa asam, sering bersendawa. Hal ini disebabkan oleh stres, pola makan yang tidak teratur, kebiasaan makan pedas, asam, alkohol, kopi.
  2. Kram otot dada bila jarang berolahraga.
  3. Sumbatan pembuluh darah jantung.
  4. Infeksi paru-paru.

Sementara yang dapat Anda lakukan adalah usahakan makan secara teratur, makan dengan porsi kecil namun sering, hindari makanan pedas, asam, serta berlemak, hindari makan sebelum tidur, maksimal boleh makan 3 jam sebelum tidur, kurangi stres, serta olahraga secara teratur.

Bila keluhan tidak kunjung sembuh atau semakin sering kambuh, maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infark miokard akut adalah istilah medis untuk serangan jantung

Infark Miokard Akut, Penyakit Berbahaya yang Bisa Datang Tiba-tiba

Infark miokard akut adalah nama lain dari serangan jantung. Penyakit ini berbahaya dan bisa mengancam nyawa. Agar lebih wasapada, Anda perlu mengenali gejalanya berikut ini dengan baik.