Sering pusing, tidak haid, kulit kering, sampai kaki berat jika bangun tidur

HN Info Penanya: HN, Wanita
Dok, saya sering pusing usia saya 36th tapi saya dari usia 26 udah tidak haid, kulit kering,dampal kaki serasa berat kalo bangun tidur, kenapa ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi NS,

Keluhan yang Anda alami bisa ditimbulkan oleh lebih dari satu penyebab atau kejadian yang dapat terjadi bersamaan untuk itu jika sudah berlangsung lama ada baiknya untuk memeriksakan diri secara langsung pada dokter untuk dilakukan evaluasi secara menyeluruh mengenai kondisi kesehatan Anda.

Tidak haid dalam waktu yang panjang bisa disebabkan oleh beragam hal seperti penggunaan alat kontrasepsi, mengalami menopause dini, tindakan pengangkatan rahim, dan penyebab lainnya. Jika sebelumnya rutin menggunakan KB salah satunya adalah KB suntik maka hal ini bisa menjadi pemicunya. Periksakan diri pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar diberikan penanganan berupa penghentian KB ataupun pemberian obat hormonal untuk kembali melancarkan haid.

Kulit yang kering dapat timbul karena asupan cairan yang kurang, faktor lingkungan yang panas dan kering, adanya gangguan pada kulit, penyakit autoimun dimana gejala bisa lebih kompleks dan mirip dengan keluhan lain, dan beragam hal lain, untuk itu perlu mengonsumsi lebih banyak cairan, gunakan pelembap kulit dan memeriksakan diri untuk mengatahui secara langsung keseluruhan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketidaksuburan wanita dapat disebabkan oleh endometriosis dan PCOS

Kenali Perbedaan PCOS dan Endometriosis pada Gangguan Kesuburan Wanita

Ketidaksuburan wanita sering disebabkan oleh endometriosis dan PCOS. Keduanya memiliki gejala-gejala yang hampir sama pada fase awal. Kenali perbedaannya agar mendapatkan perawatan yang sesuai.