Sering pusing dan sesak nafas

H Info Penanya: H
Assalamualaikum selamat siang dok. Saya Isma umur saya 21 tahun. Dok saya kan penyakit maag dan asam lambung trus sering nyeri bagian perut dan dada saya jadi sering hilang nafsuh makan dan kalau mau makan juga susah masuk dimulut. Akibatnya kalau beraktivitas sering capek pusing dan sesak nafasnya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, Waalaikumusalam. H.

Maag adalah sebutan yang dikenal oleh masyarakat luas untuk penyakit radang lambung atau gastritis. Pada keadaan tersebut lapisan lambung mengalami peradangan dan pembengkakan. Perdangan yang terjadi dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, konsumsi obat penghilang rasa nyeri yang berlebihan hingga konsumsi alkohol yang kemudian merusak lapisan lambung, sehingga lambung menjadi terlalu lemah dan bahkan enzim pencernaanpun dapat semakin merusak lapisannya.

Adapun tanda gejala yang dapat muncul pada pada penderita gastritis, diantaranya adalah :

  • mual
  • muntah
  • sensasi begah pada perut bagian atas, terutama sesudah makan
  • sakit perut bagian atas tengah atau kiri
  • perut kembung
  • cegukan yang berlebih
  • penurunan nafsu makan
  • pusing atau nyeri kepala
  • muntah darah berwarna kehitaman
  • tinja berwarna kehitaman

Mengenai keluhan yang Anda alami, dapat terjadi karena maag atau gastritis, tukak lambung dan bahkan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). Umumnya keadaan yang telah disertai gejala nyeri dada dan sesak napas merupakan kondisi yang telah berkembang pada GERD atau asam lambung yang mengalami refluks hingga ke kerongkongan akibat otot katup lambung yang mengalami kerukan dan tidak berfungsi dengan baik.

Untuk memastikan penyebab dari keluhan yang Anda alami, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut yang dilakukan secara langsung oleh dokter pemeriksa. Sementara, Anda dapat menggunakan cara alami pada artikel berikut untuk mengurangi gejala yang dialami, serta mengonsumsi obat golongan antasida setiap sebelum makan.

Jika keluhan tidak kunjung membaik dalam waktu satu minggu kedepan, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter terdekat.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hindari makanan penyebab diare agar Anda tidak mengalami inkontinensia tinja

Apa Saja Makanan Penyebab Diare yang Harus Anda Hindari?

Diare umumnya disebabkan karena bakteri. Makanan yang sering menjadi penyebabnya adalah makanan cepat saji, kembang kol, bumbu pedas, pemanis buatan, dan kafein.