08 Sep 2019, 13:25Psikologi

Sering procrastination (menunda) dan sering mengantuk saat harus menyelesaikan banyak hal, bagaimana pencegahannya ?

FA
Info Penanya: FA, Pria, 18 Tahun
Saya ingin bertanya , Saya adalah pelajar, namun saya sangat sering kali procrastination (menunda) segala hal karena alasan yang tidak penting. Apakah ada saran pribadi dokter? Saya juga sering sekali mengantuk walaupun saya harus menyelesaikan banyak hal
21610 Views
1 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Clara Octaveny Parhat
(0)
Selamat pagi, FA.Terima kasih telah bertanya di SehatQ.Sering menunda pekerjaan yang harus dikerjakan dan sering mengantuk bisa disebabkan oleh :1. Sedang Sengalami Stres Saat stres, tubuh memberikan umpan balik pada lingkungan luar dengan keinginan untuk santai ( refreshing ), menjauhi keadaan yang menimbulkan stres, tidak fokus dengan apa yang dikerjakan ketika diberikan tekanan.2. Tubuh Sedang KelelahanKetika tubuh sedang dalam kondisi lelah maka pekerjaan yang membutuhkan pikiran dan tenaga akan membuat tubuh lemas dan mengantuk.3. Menderita ADHD ( Attention-Deficit Hyperactivity Disorder )Ciri - ciri ADHD ialah cenderung hiperaktif, sulit fokus, mudah teralihkan pekerjaannya, dan impulsif.4. Menderita DepresiSeseorang yang menderita depresi akan kehilangan semangat untuk melakukan aktivitas, cenderung berdiam diri dengan mengurung diri, sedih berkepanjangan, mengalami gangguan tidur seperti susah tidur, banyak tidur, mengantuk sepanjang hari, mudah marah dan sensitif.Penanganan yang dapat dilakukan dirumah ialah :1. menenangkan diri dengan melakukan yoga, lebih mendekatkan diri kepada Sang pencipta, berifikir positif ke depan2. Menjauhi hal negatif seperti alkohol, rokok, dan konsumsi obat-obatan terlarang3. Menerapkan pola hidup sehat karena didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat
  • olahraga minimal 1 x/minggu sampai 3x/minggu selama 30 menit seperti jogging, bersepeda, main bulutangkis, dan aerobik.
  • Konsumsi air mineral 8 gelas sehari
  • Konsumsi buah/sayuran hijau
  • Istirahat yang cukup, tidur malam 8 jam sehari
4. Sugesti diri untuk lebih semangat dalam mengerjakan tugas yang perlu dikerjakan dengan memikirkan konsekuensi yang akan didapat dan untuk ke depannya. Jika terus menerus melakukan keadaan yang salah berturut-turut ( selama 7 hari ) akan menjadi kebiasaan dan akan semakin susah untuk merubahnya.Selalu ingat bahwa manusia hidup untuk bergerak dan ada kewajiban yang harus di penuhi yaitu kebutuhan jasmani dan rohani, dan manusia adalah makhluk yang harus mencukupi kebutuhannya sendiri ( mandiri ) tapi juga bukan makhluk yang sempurna, ada kalanya butuh istirahat, refreshing menikmati hal yang disukai, harus seimbang antara keduanya. Namun jika keadaan semakin parah dan ditemukan hal yang mengancam segera periksakan ke pskiatri.Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Clara. 
depresistresadhdkelelahanmengantuk
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil