02 Jan 2021, 07:10Penyakit Lainnya

Sering pipis tanda penyakit apa?

P
Info Penanya: P0
Dokter mau tanya, kenapa ya sebelum tidur saya sering pipis dan keluarnya sedikit-sedikit. Sering pipis tanda apa dan apakah berbahaya?
405 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang POSering pipis malam hari atau nama lainnya nokturia bisa karena mengkonsumsi banyak cairan merupakan hal yang normal, tetapi bisa juga menjadi dari tanda kondisi yang tidak normal.

Penyebab Nokturia, Gejala Sering Pipis Malam Hari

Sering pipis malam hari dan keluarnya sedikit-sedikit bisa merupakan tanda dari beberapa kondisi. Kondisi-kondisi tersebut adalah:
  • Infeksi atau Batu saluran kemih
    Sering pipis disertai rasa tidak tuntas atau nyeri saat pipis dan nyeri perut bagian bawah atau pinggang bisa menjadi tanda adanya infeksi saluran kemih atau batu saluran kemih.
  • Diabetes
    Sering pipis malam hari  bisa menjadi gejala dari diabetes dan bisa disertai rasa haus dan lapar tetapi berat badan menurun.
  • Kehamilan
    Pada kehamilan sering pipis disebabkan karena adanya rahim yang membesar dan menekan bagian kandung kemih dan hal ini bisa berlangsung setiap waktu selama kehamilan dan disertai dengan tanda-tanda kehamilan lainnya dan test pack yang positif.
  • Gagal jantung kongestif
    Sering pipis disertai adanya detak jantung yang berdebar dan kaki yang bengkak
  • Gangguan pernafasan saat tidur (sleep apnea)
    Pada orang mengorok, terjadi henti nafas sesaat yang membuat yang membuat jantung otot meregang yang bisa meningkatkan hormon yang memicu produksi urin.
  • Obat diuretik
    Pembuangan cairan yang menumpuk/berlebih di tubuh melalui ginjal
  • Menurunnya kapasitas kandung kemih pada usia lanjut
Sering pipis malam hari bisa mengganggu kualitas tidur dan bisa berdampak pada kesehatan. Untuk itu sebaiknya melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Konsultasikan ke dokter mengenai hal ini untuk menyingkirkan kemungkinan-kemungkinan sehingga bisa diketahui sumber penyebab sering pipis malam hari.Sementara itu batasi asupan cairan sebelum tidur. Bila sedang kosumsi obat diuretik, minumlah pada pagi hari maksimal 6 jam sebelum tidur. Hindari kebiasaan menahan kencing dan perbanyak aktivitas fisik.Semoga bermanfaat. Salam sehatdr. Pany CL
diabetesinfeksi saluran kencingkehamilanpenyakit saluran kemihbatu saluran kemih
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil