Sering buang air kecil dan nyeri perut bagian bawah karena apa?

IJ Info Penanya: IJ, Pria, 22 Tahun
Dok, istri saya sudah 3 hari ini sering kencing dan terasa nyeri di akhir,warna urine nya beningperut bagian bawah juga terasa nyeri..Kira kira gejala apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi IJ,

Keluhan sering buang air kecil dan adanya nyeri perut bawah pada wanita adalah gejala yang bisa timbul karena beberapa penyebab seperti misalnya infeksi saluran kemih, peradangan pada organ intim, infeksi kandung kemih, gangguan saluran kemih lainnya seperit batu, keputihan ataupun penyebab lainnya. 

Hal ini sering kali disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari dimana kurang asupan cairan, sering menahan buang air kecil, dan juga meningkat risikonya akibat hubungan seksual, kebersihan organ intim yang kurang baik ataupun juga karena faktor lainnya.

Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan untuk memastikannya, nantinya akan dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti tes urine, lab darah ataupun USG jika diperlukan. Sementara perbanyak minum air putih, hindari menahan buang air kecil, basuh hingga bersih dari arah depan ke belakang dan keringkan dengan baik agar tidak memicu infeksi saluran kemih. Jika nantinya didapatkan adanya infeksi saluran kemih maka dokter akan memberikan penanganan sesuai penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kencing berdarah bisa disebabkan oleh banyak faktor

Kenali Penyebab Kencing Berdarah dan Cara Mengobatinya

Kencing berdarah bisa disebabkan oleh berbagaimacam faktor, mulai dari kondisi yang tidak serius hingga penyakit yang berbahaya untuk kesehatan tubuh.