Sering pegal di tengkuk, nyeri kepala dan susah tidur, gejala apa?

A Info Penanya: A
Dok sering pegel tengkuk kepala sakit dan sudah tidur gejala apa..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, A.

Pegal tengkuk, nyeri kepala dan susah tidur bisa akibat gejala fisik atau gejala dari psikis. Gejala fisik misalnya banyak bekerja di depan komputer sehingga yang mengakibatkan daerah sekitar leher kaku dan pegal. Bisa juga mata lelah akibat radiasi laptop dan smartphone sehingga membuat kepala sakit dan susah tidur. 

Gejala psikis seperti stress, banyak tekanan di kantor dan depresi. Bisa mengakibatkan timbulnya gejala psikosomatis seperti kepala sakit, pegal tengkuk, pegal bahu atau leher. Bisa juga menjadi penyebab insomnia, seperti susah mulai tidur atau terbangun di malam hari.

Cara mengatasinya dengan istirahat yang cukup minimal 6 jam tidur di malam hari, mencari kegiatan relaksasi seperti olahraga atau hobi lainnya. Serta menjalani pola hidup sehat stop merokok, stop alkohol, batasi kopi, makanan berlemak atau berminyak. Saya lampirkan artikel mengenai Mengenal Stres dan Berbagai Gejalanya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Banyak orang tidak tahu bagaimana rasanya depresi. Pemahaman tentang depresi sebaiknya dipelajari sebelum membantu penderita depresi, agar tidak semakin memperburuk gejala mereka.

Sebelum Anda Membantu Penderita Depresi, Pahami Gejalanya Terlebih Dahulu

Dengan banyaknya persepsi salah mengenai depresi di media sosial atau platform lainnya, menunjukkan bahwa banyak orang tidak tahu apa itu depresi dan bagaimana rasanya depresi. Pemahaman tentang depresi sebaiknya dipelajari sebelum membantu penderita depresi, agar tidak semakin memperburuk gejala mereka.