Sering nyeri perut kiri bawah dan kalau lama duduk semakin terasa sakit. Apa penyebabnya?

N Info Penanya: N
Ass dok mw nax kenapa ya sering sakit di bawah perut sebelah kiri dan klw lm duduk sakit dan keras biasa sy g tahan klw sakit datang lg, ini ciri2 ap ya dok dan ap obatx
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, N

Nyeri perut bawah kiri bisa disebabkan beberapa hal. Pertama bisa dari otot dan sendi bila ada aktivitas yang tidak seperti biasanya atau olahraga berat. Kemudian bisa juga akibat gangguan saraf seperti saraf terjepit yang berasal dari tulang belakang. Biasanya akibat postur tubuh yang sering membungkuk atau menggunakan sepatu dengan hak tinggi.

Kemudian bisa juga akibat gangguan pada pencernaan, terutama bila ada keluhan mual, muntah atau diare. Selain pencernaan bisa juga akibat gangguan air kencing, radang akibat infeksi atau batu di saluran air kencing. Bisa juga mengakibatkan nyeri pada perut kiri bawah.

Dan pada wanita bisa juga akibat organ kandungan atau siklus menstruasi sehingga terdapat hormon yang mengakibatkan nyeri perut.

Sebaiknya anda memeriksakan diri langsung dengan Dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut penyebab nyeri perut anda.

7 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bermesraan dengan pasangan setelah berhubungan intim tergolong penting untuk membangun hubungan yang sehat

10 Kebiasaan Sehat yang Penting Dilakukan Setelah Berhubungan Intim

Membangun kebiasaan sehat setelah berhubungan intim termasuk penting demi mencegah berkembangnya kuman atau terkena infeksi. Mulai dari mencuci tangan, membersihkan area organ intim, buang air kecil, dan banyak lagi.