31 May 2021, 20:05Jantung

Dada terasa tertusuk namun EKG normal, apa penyebabnya ?

EE
Info Penanya: EE0
dok, dada kiri & kanan saya hmpr sebulan ini nyeri, terasa sepert tertusuk-tusuk, kadang terasa hanya ringan kadang agak sakit, sy sudah pernah EKG dan hasilnya normal. saya tidak sesak dan tidak batuk, saturasi saya sehari2 diatas 95 nadi diatas 60. Saya jadi takut penyakit terkena penyakit dalam yang aneh2. tapi kata dokter misalkan paru2 itu 90% gejalanya pasti batuk berkepanjangan dan sesak. namun saya tidak mengalami batuk dan sesak sama sekali.. itu kenapa ya dok? saya obesitas, pria, 23th
1175 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, E.Penyakit jantung tidak mengenal usia. Setiap orang dapat mengalami penyakit jantung, gangguan irama jantung, sesak nafas karena kurangnya oksigen ke jantung. Namun ada beberapa orang yang lebih beresiko mengalami penyakit jantung antara lain gaya hidup tidak sehat, merokok, obesitas, keturunan riwayat penyakit jantung di keluarga, kolesterol tinggi, stress, bahkan infeksi di gigi yang tidak diobati dapat membuat jantung terinfeksi. 

Apa yang menyebabkan dada terasa seperti tertusuk-tusuk ?

Keluhan dada terasa seperti tertusuk-tusuk hampir 1 bulan tanpa sesak, tanpa batuk, dan hasil EKG normal, saturasi 95 dan nadi 60 kali per menit yang Anda rasakan dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Pleuritis atau peradangan pada selaput yang melindungi paru-paru dimana keluhan nyeri dada akan semakin hebat saat bernafas, bersin, bergerak dan batuk. Nyeri dapat pula dirasakan hingga ke bahu, punggung, diikuti nafas sesak, batuk kering atau berdahak, dan demam. 
  • Serangan jantung dimana kadar oksigen berkurang akibat adanya sumbatan pada pembuluh darah koroner oleh penumpukan lemak kolesterol, emboli udara, tekanan darah tinggi, kondisi pembuluh darah yang kaku.
  • Benturan pada dada.
  • Gangguan psikologis seperto rasa cemas yang berlebihan.
  • Maag dan GERD.
  • Gangguan elektrolit.
Saat di EKG hasil mungkin normal karena gejala membaik atau penyebab memang bukan dari jantung. Oleh karena itu disarankan untuk segera rekam jantung ketika keluhan muncul, lakukan pemeriksaan lain seperti treadmil untuk melihat fungsi jantung, kolesterol, gula darah, darah rutin untuk melihat faktor risiko lain.Selain itu Anda harus menjaga kondisi tubuh dengan menurunkan berat badan perlahan, olahraga secara rutin, tidak merokok, tidak minum alkohol, makan bergizi secara teratur dengan porsi seimbang, hindari stress. Segera konsultasi ke dokter jantung kembali jika tidak membaik.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.  
serangan jantungpleuritissesak napas
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil