Penyebab keliyengan dan sesak nafas

AV Info Penanya: AV, Wanita, 22 Tahun
Dok mau tanya, kenapa sering merasa ngeliyeng seolah berada di atas kapal dan sensasi nya sprti mau jatuh, sy periksa dokter, tensi normal 130/56 dan saya sehat nyaris tidak pernah sakit dok,juga terasa penuh sebak di dada tp gk sakit ,terima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Keliyengan sama halnya dengan pusing. Penyebab dari gejala keliyengan itu sendiri yaitu bisa karena pusing berputar atau vertigo, aktivitas fisik yang berat, kecapekan, stress, tekanan darah rendah atau tinggi, anemia, maag, dll. Pusing berputar atau vertigo merupakan gangguan yang menyebabkan gejala berputar yang luar biasa dan kadang hilang keseimbangan tubuh. Sedangkan rasa sesak di dada yang Anda rasakan, bisa disebabkan karena asam lambung yang meningkat, kecapekan, stress, dan kondisi medis seperti gangguan paru-paru dll.

Untuk mengatasi gejala tersebut, bisa dengan cara:

  • Istirahat yang cukup.
  • Perbanyak konsumsi air putih.
  • Makan makanan yang bergizi terutama sayuran dan buah-buahan.
  • Mengkonsumsi vitamin.
  • Usahakan untuk tidak telat makan.
  • Konsumsi obat pereda nyeri jika keliyengan terasa sakit sekali.
  • Mengurangi konsumsi kafein. 

Jika tidak ada perubahan, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam agar dapat diperiksa secara langsung dan diberikan pengobatan yang tepat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mulai dari yang alami hingga resep dokter, ini obat vertigo

Obat Vertigo Yang Bisa Dicoba: Dari Bahan Alami Hingga Resep Dokter

Vertigo adalah kondisi gangguan yang menyebabkan sensasi berputar luar biasa di kepala hingga memengaruhi keseimbangan tubuh penderitanya. Apa saja obat vertigo yang dapat digunakan untuk mengobati kondisi ini?