Sering mual, bersendawa dan gugup

RP Info Penanya: RP, Pria, 28 Tahun
Dokter . Sayamau berskonsultasi . Saya memiliki keluhan yang sudah lama, saya sering mual jika dekat orang banyak, smpai2 keringat dingin,sendawa2 seperti orng masuk angin,perut kembung,dan sangat gugup . Seprti misalnya nongkrong di cafe,acara resepsi pernikahan dan acara2 lainnya . Mual ini awalnya sayan rasakan dari SMP dari taun 2004,tpi saya aktif dlm organisasi .tpi skrang makin parah jika gosok gigi sja terasa mual. Saya mohon sekali penjelasan n cara mengatasinya dokter .trims
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RP,

Mual adalah kondisi rasa tidak nyaman pada pencernaan yang bisa memicu muntah. Penyebab mual sendiri beragam, mulai dari masalah di saluran pencernaan, tekanan psikis seperti panik dan cemas, keracunan makanan, masalah di organ lain seperti radang usus buntu, peningkatan tekanan kepala, benturan kepala, radang pankreas, kehamilan, efek samping obat dan lainnya.

Apabila merasa sering gugup atau merasa tidak nyaman di tempat umum atau saat berada bersama orang banyak, hal ini bisa lebih dominan karena kondisi psikologis. Penyebab lain yang mungkin adalah mengalami fobia atau ketakutan sehingga bisa memicu keluhan fisik salah satunya mual.

Cara menghilangkan mual

Untuk itu ada baiknya bisa mengatasi mual dengan beberapa cara seperti:

  • Menjaga asupan makan
  • Mengonsumsi obat mual atau suplemen seperti vitamin B6
  • Minum air putih lebih banyak
  • Minum air jahe hangat atau lemon hangat
  • Mengatur pernapasan
  • Perbaiki postur tubuh
  • Hindari pemicu mual seperti makanan atau aroma tertentu

Jika masih sering mengalami kesulitan mengatasi rasa gugup dan keluhan mual yang timbul, kami sarankan untuk memeriksakan diri pada dokter dan juga dokter spesialis kejiwaan atau psikiater agar bisa digali lebih dalam mengenai masalah yang dihadapi.

Nantinya penanganan sendiri bisa dilakukan dengan konseling, psikoterapi ataupun juga pemberian obat untuk mengatasi gejala yang timbul dan juga pemicunya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara menghilangkan rasa takut pada penderita fobia adalah terapi perilaku kognitif

Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Takut pada Penderita Fobia

Rasa takut adalah respons tubuh yang alamiah. Namun, rasa takut yang terjadi terus-menerus dapat menjadi fobia. Penderita fobia memerlukan penanganan khusus sebagai cara menghilangkan rasa takut yang dirasakan. Beberapa terapi yang umum digunakan sebagai cara menghilangkan rasa takut pada penderita fobia, antara lain terapi perilaku kognitif dan terapi pemaparan.