Sering minum bubble tea, berbahayakah?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, apakah sering minum bubble tea bisa membahayakan kesehatan tubuh? Apa betul bubblenya bisa menggumpal di dalam perut?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, FF.

Bubble tea atau sering disebut sebagai boba, adalah minuman yang sedang naik daun di masa sekarang. Beberapa orang menyukai bubble tea karena dapat minum sambil mengunyah, sehingga dapat menjadi teman dalam beraktivitas. Sebagian lagi menyukai bubble tea karena rasanya yang manis, dimana minuman manis memang terbukti dapat memicu hormon dopamin (salah satu hormon kebahagiaan).

Tetapi, terlalu banyak mengonsumsi bubble tea dikhawatirkan dapat memicu diabetes. Menurut WHO, batas konsumsi gula yang disarankan adalah 50 gram per hari. Sedangkan, menurut sebuah penelitian, kandungan gula dalam satu gelas bubble tea ukuran sedang bisa melebihi angka yang direkomendasikan. Belum lagi gula yang dikonsumsi dari makanan lain sepanjang hari tersebut.

Lalu, menjawab pertanyaan Anda, sampai saat ini belum ada bukti yang ditemukan bahwa bubble akan menggumpal di dalam perut. Bubble terbuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan gula aren atau madu, dan masih bisa dicerna. Tetapi, bubble tersebut mengandung zat gizi dan serat yang tidak banyak, sehingga dapat menyebabkan sembelit atau gangguan pencernaan lainnya, jika dikonsumsi terlalu banyak.

Oleh karena itu, mengonsumsi bubble tea sesekali sah-sah saja, namun tetap imbangi dengan makanan bernutrisi lainnya, ya. Konsumsi juga buah dan sayur-mayur, serta makanan yang mengandung lemak sehat dan protein. Untuk informasi lebih lanjut, bisa berkonsultasi ke dokter spesialis gizi ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memperhatikan kadar gula darah dengan melakukan pengecekan secara rutin menjadi langkah preventif diabetes

Pria Lebih Rentan Terhadap Penyebab Diabetes, Ini Penjelasannya

Pria cenderung lebih sensitif terhadap insulin dibandingkan dengan wanita. Salah satu penyebab diabetes pada pria adalah obesitas. Pengendalian berat badan dan gaya hidup sehat sebagai langkah untuk menghindari diabetes.