Sering mimisan tanpa sakit, demam atau kecapekan. Penyebabnya apa ya dok?

S Info Penanya: S, Wanita, 18 Tahun
Dokter saya ingin bertanya. Umur saya 18 tahun tapi saya sering kali mengalami mimisan setidaknya satu minggu sekali sudah pasti saya alami meskipun kondisi tubuh saya tidak sedang sakit, demam, maupun kecapekan. Itu penyebab nya apa ya dok, dan bagaimana cara menguranginya. Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, S

Terima kasih atas pertanyaannya.

Penyebab mimisan bisa dibagi atas penyebab lokal (cedera, iritasi mukosa hidung, kelainan septal, peradangan dan tumor). Ini bisa diperiksa dengan evaluasi oleh Dokter Spesialis THT untuk melihat apakah ada kelainan pembatas hidung kiri dan kanan atau adanya suatu pertumbuhan (polip) di hidung. 

Penyebab mimisan juga bisa karena faktor sistemik seperti kelainan darah, keturunan dan penyebab yang tidak diketahui. Jenis mimisan seperti ini angka kejadiannya sangat kecil.

Penyebab yang paling sering tentu cedera pada hidung atau wajah, infeksi sinus atau hidung, masuknya benda asing dan menghirup udara kering dalam waktu lama. Faktor resiko yang meningkatkan mimisan adalah radang hidung akibat alergi, sinusitis kronis, tekanan darah tinggi dan kelainan darah.

Udara Indonesia saat ini sangat kering dan kurang lembab. Sehingga dapat menyebabkan terjadinya mimisan. Karena dinding hidung menjadi kering sehingga mudah luka. Pembuluh darah hidung letaknya sangat dekat permukaan kulit (karena dinding hidung sangat tipis). 

Cara mengatasi mimisan Anda perlu dipastikan terlebih dahulu diagnosanya dengan pemeriksaan oleh Dokter Spesialis THT. Saya lampirkan artikel mengenai penyebab mimisan pada orang dewasa yang bisa anda baca.

Salam Sehat, 

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alat penyedot atau aspirator dapat digunakan untuk mengangkat lendir jika hidung bayi tersumbat

5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi agar Bisa Tidur Nyenyak

Hidung tersumbat pada bayi merupakan hal yang umum. Kondisi ini dapat ditangani dengan menggunakan alat penyedot lendir, atau dengan kapas dan air hangat,