26 Sep 2020, 05:32Psikologi

Bagaimana cara mengatasi sulit tidur?

DR
Info Penanya: DR, Pria, 25 Tahun
Dok saya sering melakukan sebuah perbuatan hingga apa yang saya rasa itu nyaman.. sebagai contoh seperti saat ini untuk tidur.. pinggang berasa pegal.. sendi2 berasa pegal.. suka menatuh bantal di bawah pingganglah dengan posisi miring.. atau menaikan kaki ke tembok.. miring ke kiri ke kanan posisi badan .. atau menjempitkan kaki atau lengan ke sesuatu seperti bantal atai selimut hingga saya merasa nyaman.. penyakit apa ya ini
473 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam DR,Terima kasih atas pertanyaannya.Sulit tidur merupakan kondisi dimana sulit untuk memulai tidur atau sering terbangun dalam beberapa kali.  Keluhan ini dapat menyebabkan kelelahan baik secara fisik maupun pikiran.  Penyebabnya bisa berbagai macam, seperti stres, terlalu banyak minum kopi, olahraga berat sebelum tidur, serta konsumsi obat-obatan tertentu. 

Beberapa jenis gangguan tidur :

  • Kesulitan bernafas saat tidur, kondisi ini dirasakan seperti nafas berhenti sesaat yang memicu bangun tiba-tiba diiringi dengan batuk.  
  • Sindrom kaki gelisah, dimana terjadi ketidaknyamanan pada bagian kaki, seperti pegal ataupun kesemutan.  Kondisi ini akan memicu kaki untuk digerakkan sehingga mengganggu tidur
  • Fase tidur yang tertunda, kondisi dimana tidak merasakan ngantuk di malam hari sehingga susah untuk bangun pagi, berakibat pada kelelahan

Hal yang bisa mengurangi kegelisahan saat tidur :

  • Hindari konsumsi kafein atau alkohol sebelum tidur
  • Berikan jeda waktu makan dengan tidur kurang lebih 2 jam
  • Hindari berolahraga terlalu berat 2 jam sebelum tidur
  • Usahakan untuk tidak tidur setelah jam 3 sore
  • Stop merokok
  • Buat kondisi menjadi lebih nyaman, bisa dengan merubah posisi tidur, membaca sebelum tidur
  • Hindari stress yang berkepanjangan
Terkait yang Anda sampaikan sebenarnya sudah merupakan proses Anda untuk mengurangi ketidaknyamanan dalam beristirahat.  Tidur yang berkualitas akan meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan mental yang lebih baik.Jika terdapat keluhan tambahan dan mempengaruhi aktivitas, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan psikiater untuk pemeriksaan lebih lanjut.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat, dr. Farah
gangguan tidurmasalah tidurinsomniasleep apnea
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil