Sering merasa panas dan nyeri kepala saat bekerja?

TA Info Penanya: TA, Wanita, 20 Tahun
Assalamualaikum dok. Kenapa ya saya kalo dikerjaan badannya panas banget dan sering banget kepalanya sakit sebelah dikerjaan emang be AC dok tolong penjelasannya saya sakit apa?? terimaksih dok wassalamualaikum
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, TA

Ada beberapa penyebab tubuh terasa panas. Misalnya pada saat Anda berolahraga dan metabolisme tubuh meningkat. Maka Anda akan merasa panas. Tapi saat sedang bekerja biasanya diakibatkan stres atau kecemasan. Ketika Anda tiba-tiba merasa panas dan berkeringat, bisa jadi Anda mengalami gangguan kecemasan, stres atau sedang dalam banyak tekanan.

Sistem saraf simpatik yang mengatur seberapa banyak kita berkeringat dan juga bagaimana tubuh akan memberi respon pada stres emosional. Hormon adrenalin dipengaruhi oleh sistem saraf ini. Bila Anda berada dalam situasi yang membuat Anda cemas atau dalam tekanan, maka hormon adrenalin meningkat menghasilkan detak jantung serta nafas cepat, suhu tubuh meningkat dan keluar keringat.

Gejala emosional pada kecemasan adalah merasa panik, takut dan khawatir terhadap situasi yang tidak bisa dikontrol. Anda bisa juga mengalami muka memerah, tangan basah, gemetaran, sakit kepala, dan bicara gagap. Hindari asupan yang bisa membuat tubuh panas seperti makanan pedas, kopi atau alkohol.

Bila keluhan terus berlanjut sebaiknya Anda memeriksakan diri dengan dokter untuk pemeriksaan lainnya seperti laboratorium untuk melihat hormon tiroid, diabetes dan hormon kandungan Anda. Terutama bila ada keluhan penurunan berat badan, berdebar-debar, nyeri dada atau pingsan. Saya lampirkan artikel mengenai Bahaya Kelenjar Tiroid yang Alami Gangguan dan Tanpa Penanganan untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada juga orang yang fobia pada keramaian atau tempat umum

Kenali Apa Itu Fobia dan Jenis-jenisnya

Fobia pada ketinggian atau petir mungkin merupakan hal yang terbilang umum. Namun ada juga orang yang fobia terhadap hal yang terlihat sangat tidak membahayakan seperti tanaman atau warna tertentu. Apakah fobia unik dan terbilang langka tersebut bisa disembuhkan?