Sering merasa cemas/ketakutan setelah mengalami musibah, apakah menandakan gangguan jiwa ?

H Info Penanya: H, Wanita, 21 Tahun
Saya ingin bertanya, Tahun lalu saya mengalami musibah dan begitu membuat saya ketakutan sampai sekarang. Saya menjadi banyak kecemasan, dan merasa selalu takut, saya juga sering merasa hidup saya tidak berguna, saya kehilangan minat tetang hobi saya, saya malas melakukan apapun, dan sering mengantuk. Apakah saya mengalami gangguan mental?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, H.

Keluhan yang anda rasakan kemungkinan disebabkan oleh gangguan kecemasan (gangguan stress pasca trauma, gangguan stress akut, gangguan cemas menyeluruh) ataupun gangguan depresi. 

Gangguan cemas merupakan ketegangan, rasa tak aman atau kekhawatiran yang timbul karena dirasakan akan terjadi sesuatu yg tidak menyenangkan.

Secara umum tanda dan gejala gangguan kecemasan yakni perasaan takut & khawatir tentang sejumlah peristiwa / hal atau aktivitas, pasien sukar mengendalikan rasa khawatir tersebut, gelisah, mudah marah, mudah lelah, otot tegang, sukar konsentrasi, tidur terganggu (sukar, sering terbangun-bangun, tidur tak nyenyak). Gejala-gejala somatik antara lain diare, perut kembung, mual, mulut kering, pusing, kepala ringan, tremor, napas pendek, hyperhidosis, telapak tangan berkeringat atau dingin, hypertensi, palpitasi (berdebar-debar), takikardi, gelisah, otot tegang, rasa kesemutan pada extremitas, sulit masuk tidur atau mempertahankan tidur.

Sementara gejala depresi :
Gejala utama (pada derajat ringan, sedang, dan berat)
- Mood depresif (sedih, murung)
- Kehilangan minat dan kegembiraan
- Mudah lelah
Gejala lainnya
- Konsentrasi dan perhatian berkurang
- Harga diri dan kepercayaan diri berkurang
- Gagasan tentang rasa bersalah dan tidak berguna
- Pandangan masa depan yang suram dan pesimistik
- Gangguan tidur
- Napsu makan berkurang
- Ide bunuh diri

Namun dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut untuk menegakkan diagnosa dari keluhan anda, sesuai kriteria. Sebaiknya anda ke dokter spesialis kejiwaan agar dapat diketahui diagnosa dan diberikan terapi yang tepat. 

Beberapa tips yang dapat dilakukan, antara lain :

  • Olahraga 3 kali dalam seminggu, selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, juga menjaga kesehatan jiwa
  • Lakukan hobi yang anda senangi
  • Selalu berpikir positif
  • Istirahat yang cukup dengan tidur 6-8 jam pada malam hari
  • Konsumsi makanan yang sehat
  • Berbagi dengan orang lain saat mempunyai masalah/sharing
  • Bersosialisasi
  • Meditasi
  • Mendekatkan diri dengan Tuhan
  • Lakukan hal yang bisa membuat kita tertawa seperti nonton video lucu, atau berbicara dengan teman yang dapat membuat tertawa

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji