Sering mengganti kacamata dapat mengakibatkan perubahan pada mata?

SS Info Penanya: SS, Wanita, 17 Tahun
Apakah setiap sebulan sekali sering mengganti kacamata dapat mengakibatkan bertambahnya minus & silinder ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, SS

Terima kasih atas pertanyaannya.

Apakah maksud Anda mengganti kacamata dengan resep? Pandangan tentang menggunakan kacamata dapat membuat ketergantungan pada mata atau merusak penglihatan adalah salah. Gangguan refraksi mata akan tetap terjadi jika Anda menggunakan kacamata ataupun tidak. Namun menggunakan kacamata membuat Anda bisa melihat dengan baik. Bila resep kaca mata yang tidak sesuai maka mata akan lelah namun tidak menganggu penglihatan itu sendiri.

Lensa di dalam mata akan berubah bentuknya mengikuti gangguan refraksi yang terjadi. Gangguan refraksi mengakibatkan cahaya tidak jelas mencapai retina sehingga gambar yang diproses otak menjadi tidak akurat seperti buram atau penglihatan ganda. Sehingga mata menjadi lelah dan bisa merasa sakit kepala.

Kebanyakan orang akan mengalami gangguan refraksi pada hidupnya. Memakai kacamata resep yang tidak sesuai, tidak akan merusak penglihatan tapi bisa mengakibatkan mata lelah, mata kering, leher dan bahu pegal serta tubuh terasa lelah. Jadi pastikan kacamata Anda sudah sesuai dengan cara memeriksakan diri Anda dengan Dokter Spesialis Mata. Pada saat Anda mengganti kacamata tubuh perlu waktu beberapa hari untuk penyesuaian. Maka tidak disarankan untuk sering mengganti kacamata. Efeknya bukan ke penglihatan tapi lebih ke tubuh terasa lelah, pegal dan mata capek.

Saya lampirkan artikel mengenai manfaat kacamata untuk mengatasi mata malas sebagai bacaan tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Arti kedutan mata kiri bawah bukan karena hal-hal mistis

Bukan Mistis, Ini Arti Kedutan Mata Kiri Bawah Sebenarnya

Arti kedutan mata kiri bawah bukanlah mistis, melainkan bisa dijelaskan secara kesehatan. Pengobatannya pun bisa dilakukan dengan jalur medis.